Pengertian AMD FreeSync Serta Pengaruhnya Terhadap Gambar

Posted on 56 views

Melihat spesifikasi layar LED Monitor yang dijual di pasaran sekarang rata-rata telah support AMD FreeSync sehingga membuat orang awam seperti TERAA.NET bertanya-tanya apa pengertian AMD FreeSync serta pengaruhnya terhadap kualitas gambar. Selain itu juga ada G-Sync yang diperkenalkan oleh nVidia dengan fungsi yang hampir sama dengan AMD FreeSync.

Untuk menjalankan fitur AMD Freesync tentu GPU yang digunakan harus AMD, bukan Intel HD. Hal tersebut juga berlaku untuk LED Monitor G-Sync yang harus menggunakan GPU dari nVidia.

 

Pengertian AMD FreeSync

Dikutip dari amd-id.com, AMD FreeSync adalah teknologi revolusioner yang mampu menyelesaikan masalah screen tearing dan stuttering sekaligus dengan menyelaraskan refresh rate monitor dengan ritme kerja GPU dalam merender gambar. Dengan teknologi revolusioner ini Anda bisa mendapatkan pengalaman gaming yang super mulus dan responsif, tentunya tanpa screen tearing karena monitor akan beradaptasi secara dinamis untuk segera menampilkan frame terbaru sesuai kecepatan render GPU yang sering kali berubah-ubah.

Baca: Mengenal Prosesor AMD Tanpa GPU (VGA Card)

Screen Tearing adalah keadaan berupa rusaknya tampilan saat bermain game dimana gambar akan terlihat seperti patah-patah yang tentunya membuat permainan terasa tidak nyaman. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Hal ini biasanya terjadi karena monitor dan chip GPU pada kartu grafis tidak mampu melakukan sinkronisasi dengan sempurna.

Stuttering adalah kondisi dimana masalah GPU muncul ketika terlambat menghasilkan frame saat menampilkan gambar. Stuttering muncul ketika V-Sync meminimalisir screen tearing.

 

Persyaratan Untuk Menggunakan AMD FreeSync

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk menikmati fitur AMD FreeSync:
1. Harus menggunakan GPU yang support AMD FreeSync seperti Radeon R7, R9, dan RX Series
2. Anda juga harus menggunakan LED monitor yang support AMD FreeSync seperti Samsung S24R350
3. Bagi pengguna prosesor AMD Ryzen dengan GPU terintegrasi juga bisa menikmati AMD FreeSync
4. Tidak semua port yang terhubung ke LED Monitor bisa menjalankan AMD FreeSync, hanya HDMI dan DisplayPort saja. Untuk itu pastikan GPU ada port HDMI dan LED Monitor juga ada port HDMI.

 

Cara kerja AMD FreeSync

 

Cara Cek Apakah Support AMD FreeSync dan Cara Mengaktifkannya

Bingung belum tahu apakah Proseosr, GPU, dan LED Monitor bisa disinkronkan dengan teknologi FreeSync silahkan cek seperti berikut ini. Buka Radeon Software di komputer Anda kemudian masuk menu Settings.

Setelah menu Setting terbuka pilih tap menu Display. Bila statusnya Not Supported berarti tidak support. Untuk mengaktifkannya tinggal geser ke kanan hingga indikatornya berwarna merah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai AMD FreeSync semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat memilih monitor yang tepat untuk menghubungkan GPU AMD dan LED Monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.