Optimasi Judul Clickbait Blog

Clickbait Blog dan Manfaatnya Bagi Publisher

Posted on

Sebelumnya Teraa.net pernah menulis artikel tentang Mengenal Clickbait, Strategi Mendapatkan Viewer Youtube, rasanya tidak lengkap bila tidak membahas Clickbait blog dan manfaatnya bagi publisher. Istilah Clickbait memang lebih viral di Youtube ketimbang blog, padahal tanpa Anda sadari kemungkinan pernah menerapkannya;.

Clickbait adalah salah satu teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimalkan Judul artikel. Judul yang dipilih dibuat sedemikian menarik sehingga orang mau membacanya. Yang banyak menerapkan Clickbait adalah situs berita online, mereka menerapkan ilmu jurnalistiknya untuk menarik para pembaca.

Terkadang kita menemukan judul berita yang bikin penasaran sehingga tertarik untuk membacanya, misalnya “Pasangan Bukan Suami Istri Ini Tertidur Bersama, Lalu Apa Yang Terjadi? bagi pembaca yang mempunyai pikiran ngeres pasti penasaran dengan judul tersebut dan ingin membacanya. Judul yang seperti ini bisa dikatakan Clickbait.

Pengertian Clickbait Blog

Clickbait adalah sebuah metode pancingan bagi pembaca web/ blog supaya mau membaca artikel yang telah ditulisnya. Clickbait bersasal dari kata “Click” yang artinya Klik dan “Bait” artinya Pancingan. Cara mudah memahaminya adalah pancingan untuk mau membaca artikel.

Mereka yang telah lama menjadi blogger dan jago SEO pasti menerapkan Clickbait pada judul artikel. Logikanya ketika Anda browsing degan mengetik “Keyword” dan menemukan judul artikel yang menarik di mesin pencari pasti Anda tertarik untuk membukanya.

Contohnya seperti ini:
1. Judul: Cara Membuat Blog WordPress
2. Judul: Cara Mudah Membuat Blog WordPress Dalam Sekejab

Diantara kedua judul tersebut mana yang lebih menarik? yang pertama atau kedua? pasti yang “Cara Mudah Membuat Blog WordPress Dalam Sekejab”.

Manfaat Clickbait Bagi Publisher

Salah satu alasan kenapa blogger mampu bertahan ya karena mendapatkan penghasilan. Caranya bisa menjadi publisher atau penayang iklan. Anda bisa menjalin afiliasi dengan Google AdSense, Chitika, ADS Optimal, dsb. Bila Clickbait telah diterapkan pada blog maka jumlah viewer/ pembaca untuk masing-masing artikel jadi tinggi sehingga kemungkinan untuk mendapatkan klik dari pengunjung makin banyak.

Singkatnya clickbait ini adalah trik membuat judul yang sensasional agar pembaca penasaran dan mengeklik judul berita tersebut. Pada situs berita online banyak yang menyalahgunakan Clickbait sehingga pembaca menjadi geram. Judul yang ditulis terkadang tidak sesuai dengan artikelnya, hal seperti ini banyak dijumpai di poral berita online.

Optimalkan Clickbait dengan membagikan artikel ke jejaring sosial, semakin banyak yang melihat judul Clickbait maka yang penasaran juga banyak. Manfaatkan Facebook, Google Plus, dan Twitter untuk mempromosikan produk Anda, dalam hal ini adalah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.