Kerjasama Review

Blog Tekno dan Wisata Sering Mendapatkan Tawaran Review

Posted on 24 views

Menentukan topik/ nice artikel blog bukan perkara gampang, pasalnya banyak blogger yang menyimpang dari topik awal. Misalnya ketika mulai membangun blog mengambil topik teknologi, namun seiring berjalannya waktu blog tersebut berubah jadi blog gado-gado. Kenapa dinamakan gado-gado? karena artikelnya campur aduk, ada komputer, kuliner, fashion, wisata, dan lain sebagainya. Gado-gado adalah makanan yang terdiri dari lontong, sayur-sayuran, telur, mentimun, kerupuk, dan bumbu kacang, ini adalah perumpamaan yang tepat untuk blog dengan artikel campur aduk.

Kenapa blogger tidak bisa konsisten dengan nice/ topik awal? karena kehabisan ide. Menemukan ide atau gagasan setiap kali akan menulis artikel blog bukan perkara mudah, mereka (blogger) harus pandai mencari inspirasi untuk menulis. Inspirasi bisa datang dari mana saja, misalnya jalan-jalan, melihat artikel yang langi trending dari blog orang lain, dari masalah komputer kemudian dituangkan dalam artikel blog, dan masih banyak yang lainnya.

Kalau niat Anda sekedar berbagi informasi kepada orang lain, maka nice/ topik blog bukan prioritas utama, Anda bebas menulis apa saja sesuai kemauan diri sendiri. Tetapi bila dari awal niatnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog maka menentukan nice/ topik dan berusaha konsisten dengan topik tersebut maka uang akan datang dengan sendirinya. Berikut ini dijelaskan beberapa nice/ topik yang sering mendapatkan tawaran kerja sama review produk.

Dari Mana Sumber Pendapatan Blogger?

Blogger bisa mendapatkan penghasilan dari kerjasama sebagai penayang iklan (publisher), yang paling terkenang dan terpercaya adalah Google AdSense. Selain itu blogger juga bisa mendapatkan uang dari tawaran kerjasama review produk. Semakin tinggi visitor blog maka semakin mahal harganya, untuk review produk Indonesia rata-rata mulai Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000, tergantung si pemberi review dari perusahaan yang profit atau tidak.

Baca: Cara Menampilkan Viewer Pada Postingan Artikel WordPress

Kalau yang menawarkan review bule maka mereka sanggup membayar mahal mulai dari Rp. 500.000 hingga tak terbatas. Contohnya beberapa waktu yang lalu mendapatkan tawaran kerjasama dari EASUS Data Recovery, mereka sanggup memberi $50 atau 500 ribuan via PayPal. Pendapatan blogger bisa berlipat ganda bila sebagai publisher dan reviewer.

Nice atau Topik Blog Yang Sering Mendapatkan Tawaran Review

Teknologi

Blog teknologi adalah blog yang membahas tentang teknologi dan seisinya seperti komputer, internet, android, dll. Blog ini sering mendapatkan tawaran untuk review produk seperti Antivirus, Data Recovery, review toko online. Di Indonesia sendiri yang kerap menawarkan review adalah toko online, toko yang baru berdiri dan ingin mendapatkan backlink dengan menanamkan URL yang mengarah ke website toko online. Keuntungannya adalah web toko online tersebut kokoh di halaman pertama mesin pencari.

Wisata

Nice yang kedua adalah wisata, blog ini sering mendapatkan tawaran review dari Traveloka dan Hotel. Terkadang Anda tidak perlu menulisnya, pihak Traveloka dan perhotelan yang mengirimkan artikel review jadi tinggal mempublish di blog. Untuk itu ketika menulis informasi tempat wisata penting sekali mencantumkan penginapan atau hotel yang ada di sekitar lokasi wisata. Tujuannya supaya mereka tahu bahwa blog tersebut layak diajak kerjasama sebagai reviewer.

Cara Menentukan Harga Review Sebuah Artikel

Semua blogger dilema ketika mendapatkan kesempatan ini, bukan soal pembahasan mengenai sebuah produk melainkan tawaran harganya. Mereka tidak mungkin berterus terang mau bayar berapa melainkan bertanya kepada Anda berapa harga untuk sebuah artikel. Ketika Anda sudah menjawab dengan harga sekian maka mereka baru menawarnya, misalnya Anda minta Rp.500.000, kemudian mereka berani bayar Rp. 100.000. Berikut ini cara menentukan harga tarif review:

1. Lihat Profil Perusahaan (Pemberi Review)
Ketika ada tawaran kerja sama via email dijelaskan dari perusahaan atau toko, silahkan cek dulu profil perusahaannya. Bila perusahaan atau toko itu besar dan lama berdiri pasanglah tarif yang mahal. Namun bila baru berdiri pasanglah dengan harga sepantasya sesuai kondisi keuangan mereka.

2. Lihat Trafik dan Peringkat Blog Anda
Inilah pentingnya mendaftarkan blog di Alexa Rank tujuannya supaya orang lain bisa melihat peringat blog secara global baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu pasangnya widget penampil pengunjung seperti Histats dan Amung.Us. Bila peringkat blog dan trafik Anda bagus maka akan pede menentukan besarnya tarif review.

3. Menentukan Besarnya Tarif Review
Bila kedua poin di atas telah dilakukan langkah selanjutnya adalah menentukan harga tarif review. Jangan takut memberikan harga yang tinggi, toh kalau tidak sepakat biasanya si pemberi review menawarkan harga yang sepakat (layaknya seperti jual beli di pasar tradisional).

Note: Pasang Contact Us Pada Blog atau Website

Bagaimana caranya mereka bisa menghubungi Anda untuk diajak kerjasama? yaitu dengan melihat email. Untuk itu penting sekali memasang contac us pada blog supaya tahu alamat email Anda. Informasi email juga bisa dilihat melalui Who Is, Domain Tools, bila domain tidak diprivat maka mudah menemukan alamat email, namun bila diprivat tidak bisa menemukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *