Cara Buka Situs Yang Diblokir Dengan Extension Mozilla Firefox

Posted on 13 views

Cara membuka situs yang diblokir atau terkunci dengan extension Mozilla Firefox artinya membuka situs tersebut dengan memanfaatkan extensi yang terdapat pada browser Mozilla Firefox. Sebelumnya pastikan di komputer/ laptop telah terpasang Mozilla Firefox, bila belum silahkan download dulu kemudian install.

Belakangan ini pemerintah aktif sekali memfilter situs yang kontennya dianggap melanggar ketentuan yang berlaku di Indonesia. Beberapa situs tersebut adalah situs penyedia software premium gratisan, situs penyedia filem, situs dewasa, situs SARA, dan masih banyak yang lainnya.

Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah bekerja sama dengan penyedia internet Indonesia atau provider untuk memblokir situs tertentu. Seperti Nawala Project, bentuk kerjasama Kominfo dengan Telkom. Sebenarnya tujuan penulisan artikel ini bukan mengajak Anda untuk membuka situs terlarang melainkan sebagai edukasi gimana cara membuka situs yang keblokir.

Untuk membuka situs terblokir, membuka situs terkunci, bisa memanfaatkan extensi yang terdapat pada Mozilla Firefox. Artinya semua perangkat yang menggunakan browser Moziila Firefox seperti komputer/ laptop, smartphone, iPhone bisa menggunakan cara ini. Extensions yang digunakan adalah Virtual Privat Network atau yang disingkat VPN.

Dikutip dari IT Jurnal, Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. Salah satu fungsi adanya VPN adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya.

Baca: Memahami Cara Kerja Metode Pembayaran Toko Online Tepat 3 Digit Terakhir

Jadi bila Anda tidak bisa membuka situs tertentu berarti dalam jangkauan local area, dengan menggunakan extension Mozilla Firefox dapat memilih server dari luar negeri seperti Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat. Pilihan extensions untuk membuka situs keblokir dengan Mozilla Firefox banyak sekali pilihannya, namun di sini direkomendasikan menggunakan Hoxx VPN Proxy, ZenMate Security & Privacy VPN, dan Hotspot Shield Free VPN Proxy.

Cara Buka Situs Yang Diblokir 

Cara Buka Situs Terblokir Dengan Extension Hoxx VPN Proxy
1. Buka Mozilla Firefox, tambahkan extension Hoxx VPN Proxy
2. Pilih Add to Firefox
Hoxx VPN Proxy
3. Silahkan register dulu sebagai pengguna Hoxx VPN Proxy
4. Setelah itu login dan pilih Free Server, misalnya Japan
Free Server
5. Cobalah membuka situs yang keblokir, kemudian lihat hasilnya.

Cara Buka Situs Terkunci Dengan Extension ZenMate Security & Privacy VPN
1. Buka browser Anda, kemudian tambahkan Add-ons ZenMate Security & Privacy VPN
ZenMate Security & Privacy VPN
2. Restart Mozilla Firefox, bila berhasil ditambahkan muncul logo di pojok kanan atas browser
3. Pilih icon tersebut kemudian register dulu
4. Misalnya menggunakan server gratisan untuk Germany.
Server Germany
5. Bila dirasa lemot saat membuka situs coba ganti servernya.
Ganti Server VPN

Cara Buka Situs Yang Keblokir Dengan Extension Hotspot Shield Free VPN Proxy
1. Buka browser Mozilla Firefox kemudian tambahkan Add-ons Hotspot Shield Free VPN Proxy
Hotspot Shield Free VPN Proxy
2. Restart browser kemudian pilih icon Hotspot Shield Free VPN Proxy di pojok kan atas browser
3. Register dulu kemudian login
4. Pilih lokasi server
5. Coba tes untuk membuka situs terkunci.

Demikianlah informasi cara buka situs yang keblokir menggunakan extension Mozilla Fireox, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan ingat… jangan disalah gunakan ya. Bila ada yang kurang jelas dan belum dipahami silahkan bertanya dengan meninggalkan pesan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *