halaman website versi Cache Google

Cara Melihat Halaman Website Versi Cache Google

Posted on

Beberapa hari yang lalu TERAA.NET mendapatkan tawaran kerjasama Content Placement dari pengiklan. Ceritanya setelah mereka mengirimkan arikel, dipublish dan submit ke Google Search Console sampai terindex.

Setelah diindex Google, melakukan laporan bahwa artikelnya telah siap yang artinya hak untuk mendapatkan bayaran ditagih melalui laporan tersebut. Namun mendapatkan balasan bahwa artikel versi cache Google tidak menampilkan link/ URL yang mengarah ke target, padahal versi biasa link tersebut terlihat.

Kata SEO spesialis mereka, web cache ini penting karena mempengaruhi optimasi Search Engine sehingga menyuruh untuk memperbaikinya. Kalau diperbaiki tidak bisa, karena sekali submit ke Google Search Console dan hasilnya valid maka versi cache Google tetap.

Solusinya dengan mempublish ulang dengan link/ URL baru kemudian submit lagi sampai terindex baru bisa cek halaman artikel versi cache Google. Bagi yang belum paham apa itu cache, jadi semacam penyimpanan sementara suatu halaman website.

Dengan cache inilah yang membuat halaman website dapat diakses secara cepat karena data-datanya telah tersimpan di Google secara sementara, bukan hosting. Bagi publisher Google AdSense, cache ini juga mempengaruhi iklan yang tayang di website tersebut.

Selain itu juga mempengaruhi hasil pencarian di mesin pencari sehingga artikel yang ditulis menjadi prioritas Google. Saking pentingnya ini cache, berikut ini cara melihatnya.

 

Cara Membuka Cache Google Halaman Website

Contoh salah satu artikel dengan link asli sebagai berikut https://teraa.net/membuat-file-zip-di-windows-11/

Bila ingin melihat halaman versi cache Google hapus https:// atau http:// kemudian ganti cache:

Hingga menjadi seperti ini cache:teraa.net/membuat-file-zip-di-windows-11/ kemudian ENTER. Berikut ini tampilannya:

Cara lainnya dengan copy URL artikel kemudian paste ke kolom pencarian Google, contohnya seperti ini. Klik 3 tanda titik di samping kanan URL kemudian pilih Cache di kotak menu sebelah kanan.

 

Halaman Website Tidak Bisa Menampilkan Cache Google

Mungkin Anda mengalami kegagalan dalam melihat tampilan cache Google? bila iya pahami dulu syaratnya. Pastikan artikel tersebut telah terindex Google Search Console, baru bisa dilihat versi cache.

Hal tersebut juga berlaku untuk untuk Bing Webmaster bila ingin mengeceknya menggunakan mesin pencari Bing dan Yahoo. Caranya sama, https:// dan http:// diganti cache:

 

Cache Google Berbeda dari Cache Browser

Cace Google berbeda dengan Cache Browser dimana penyimpanan sementara untuk Google menggunakan cloud sedangkan cache browser disimpan pada browser tersebut. Yang bisa menghapus cache Google ya Google sendiri sedangkan cache browser pengguna bisa menghapusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.