Cara Cek Terbit NIP Baru Bagi CPNS

Posted on

Mereka yang dinyatakan lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib melakukan pemberkasan untuk penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP). Yang memproses terbitnya NIP adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN), bila telah terbit bisa dicek melalui portal e-monitoring atau MonRI.

Memiliki NIP berarti pegawai tersebut statusnya telah diakui pemerintah sebagai PNS. Inilah yang membedakan PNS dengan pegawai honorer dimana PNS diberi NIP sedangkan honorer tidak. Mendapatkan NIP butuh perjuangan keras, tidak bisa didapat secara instan dan harus melalui persiapan jauh-jauh hari.

Rata-rata jumlah pendaftar CPNS untuk 1 formasi diisi lebih dari 30 pendaftar, artinya kompetisi memperebutkan kursi CPNS sangat sulit. Pendaftaran CPNS diselenggarakan secara terpadu melalui satu pintu yaitu portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi maka berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kedua tahapan seleksi tersebut diselenggarakan BKN dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Yang belum terbiasa mengerjakan soal di depan komputer mulai sekarang harus banyak berlatih CAT CPNS supaya ketika menghadapi tes yang sebenarnya tidak panik atau grogi.

Baca: Cara Cek Sertifikat Pendidik (Serdik) di PPG Ristekdikti

Yang mendapatkan nilai tertinggi dan lolos Passing Grade SKD berhak mengikuti SKB. Hasil akhir adalah jumlah nilai SKD ditambah SKB, yang nilainya tinggi dan dinyatakan lolos seleksi CPNS maka lanjut melakukan pemberkasan setelah itu terbitlah NIP.

Proses menunggu terbinya NIP CPNS ini merupakan sesuatu yang menegangkan. Kebanyakan tidak sabar ingin tahu NIP sudah terbit atau belum. Untuk mempermudahkan Anda melihat status NIP berikut ini ada tutorial cara melihatnya, selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Cara Melihat Status Terbitnya NIP Baru Untuk CPNS

Nomor Induk Pegawai terdiri dari angka yang berjumlah 18 digit, masing-masing angka mempunyai makna tersendiri yaitu yang berkaitan dengan tanggal lahir, kapan diangkat jadi CPNS, dan jenis kelamin.

Contohnya lahir pada tanggal 3 Agustus 1988, kemudian diangkat CPNS tahun 2018 pada bulan Desember. Jenis kelamin perempuan. Untuk indeks urutan silahkan isi mulai 001 hingga tak terhingga sehingga menjadi NIP seperti berikut ini.

NIP 198601072018081003

Perhatikan NIP di atas, membacanya adalah sebagai berikut:
1. Tahun lahir
2. Bulan lahir
3. Tanggal lahir
4. Tahun pengangkatan CPNS
5. Bulan pengangkatan CPNS
6. Jenis kelamin: 1 (Pria), 2 (Wanita)
7. Indeks urutan.

Setelah bisa mengurutkan NIP sendiri langkah selanjutnya adalah membuka portal e-Monitoring moRI kemudian ketik NIP yang Anda urutkan tadi. Bila muncul pesan untuk memasukkan kode Captcha maka ketik sesuai huruf yang tampil pada halaman tersebut. Tungu beberapa detik sampai sistem menampilkan data terbit NIP seperti ini.

Cek terbit NIP CPNS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.