Cara Mendapatkan NUPTK Bagi Guru Honorer

Posted on 3,171 views

Cara mendapatkan NUPTK bagi guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) tak semudah seperti CPNS apalagi guru tersebut mengajar di sekolah negeri. Melalui tulisan ini TERAA.NET akan berbagi pengalaman kepada Anda khususnya guru honorer supaya cepat mendapatkan NUPTK.

Sebelum mengajukan NUPTK pastikan Anda telah terdaftar di dapodik, bila belum silahkan temui operator sekolah untuk mendaftarkan ke dapodik. Setelah itu silahkan lengkapi data pendukung seperti SK Guru Honorer, SK KBM, Scan Ijazah, dan lain sebagainya.

Tidak semua guru honorer bernasib baik mendapatkan NUPTK pasalnya ada operator sekolah yang sifatnya pasif sehingga proses pengajuannya terlambat. Fakta di lapangan, cara operator melayani guru PNS dan honorer itu tidak sama karena kalau yang minta tolong guru honorer tidak segera dilayani dengan berbagai alasan.

Tentunya tidak semua operator sekolah seperti itu tetapi memang ada yang seperti itu. Ada guru yang telah mengabdi 10 tahun lebih belum mendapatkan NUPTK padahal seharusnya 2 tahun sudah dapat. Ketika ditanya kenapa belum mendapatkan NUPTK karena operator tidak memberitahu kepada guru honorer tentang pengajuan NUPTK.

Berkat kemajuan teknologi sekarang telah ada forum guru berbasis online seperti yang ada di Facebook. Mereka yang belum mendapatkan NUPTK aktif mencari informasi sendiri di forum guru tentang cara mendapatkan NUPTK. Beberapa pertanyaan muncul seperti “Bagaimana Caranya Supaya NUPTK Cepat di Approve”, “Persyaratan Mengajukan NUPTK Itu Apa Saja?”, dan pertanyaan lain yang tak dapat dirangkum di sini.

 

Pengertian NUPTK

NUPTK merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan. Setiap guru dan tenaga kependidikan berhak mendapatkan NUPTK sebagai nomor identitas resmi untuk identifikasi dalam berbagai program dan kegiatan pendidikan.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang disingkat NUPTK terdiri dari 16 angka yang tidak akan berubah meskipun orang tersebut pindah tugas, merubah riwayat, perbaikan status, dan pebaikan data lainnya.

 

Seberapa Penting NUPTK Bagi Guru Honorer

Dari penjelasan di atas, seolah-olah NUPTK itu penting sekali selayaknya NIP bagi CPNS. Ya memang penting karena sebagai gerbang awal untuk menuju tahap berikutnya baik itu tentang kompetensi dan kesejahteraan guru. Seperti untuk pengajuan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Pengajuan Nomor Registrasi Guru (NRG), dan Pencairan Tunjangan Profesi (TPG) yang semuanya membutuhkan persyaratan harus mempunyai NUPTK.

 

Persyaratan Mengajukan NUPTK

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan NUPTK:

  1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Scan Ijazah beserta transkrip nilai mulai dari (SD, SMP, SMA/ SMK, Perguruan Tinggi/ Sederajat
  3. SK Honorer dari Gubernur untuk guru dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan SMA/ SMK. Untuk TK, SD, dan SMP, SK honorer bisa dari Bupati
  4. SK Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) selama 2 tahun terakhir baik itu Semester I dan Semester II.

Perhatian: semua file yang discan dijadikan format PDF dengan ukuran kurang dari 2 MB, kalau lebih tidak bisa diupload di dapodik.

 

Operator Sekolah Kunci Utama Terbitnya NUPTK

Operator sekolah sebagai penentu cepat diapprove-nya NUPTK, untuk itu guru honorer harus dekat dengan operator. Jangan ragu menanyakan sejauh mana pengajuan NUPTK untuk mengetahui ditolak atau lanjut, kalau ditolak perbaiki data kemudian upload lagi melalui operator.

Proses penerbitan NUTPK harus melalui 3 tahapan yaitu lolos verifikasi Dinas Pendidikan, LPMP, dan Ditjen GTK. Data yang telah diupload operator akan diverifikasi secara bertahap hingga diterbitkannya NUPTK.

Dalam kasus ini sumber masalanya ada di operator sekolah, setiap ditanya tentang perkembangan NUTPK menjawab nanti Saya cek, ketika ditanya lagi katanya masih sibuk mengerjakan ini… itu… dan terus berulang-ulang. Alhasil NUPTK tidak pernah terbit dan bahkan kalah dengan sekolah lain yang baru mengajukan langsung terbit.

Operator sekolah ibaratnya pintu masuk untuk menuju gerbang NUPTK, kalau dipintu saja sudah ditutup bagaimana bisa terbit. Tak mau larut dalam kesedihan karena kurang kooperatifnya operator, Kami rajin melakukan konsultasi ke cabang dinas pendidikan.

Karena bantuannya akhirnya NUPTK terbit dan akhirnya bisa menyimpulkan sebenarnya mudah sekali mendapatkan NUPTK asalkan guru honorer bersama operator aktif.

 

Mempercepat Proses Terbitnya NUPTK

Simpulan dari bahasan ini adalah mempercepat terbitnya NUPTK, untuk itu Anda harus berkolaborasi dengan operator sekolah sedekat mungkin kalau perlu ajak dia ngopi. Guru honorer harus aktif mengecek status pengajuan NUPTK untuk mengetahui sampai tahapan mana.

Bila status pengajuan tertahan atau ditolak biasanya diberitahu poin yang harus diperbaharui dan segeralah untuk mengupload melalui operator sekolah.

Misalnya tertahan di LPMP maka harus aktif menghubunginya bisa melalui telepon atau datang ke LPMP. Bisa juga dengan meminta bantuan dinas untuk mempercepat proses terbit NUPTK.

 

Payung Hukum NUPTK

Segala sesuatu harus mempunyai dasar, berikut ini adalah payung hukum yang berkaitan dengan NUPTK:

  1. Download Juknis Penerbitan NUPTK dari Kemdikbud
  2. Download Juknis Pengelolaan NUPTK Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

14 comments

    1. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel, hubungi dulu operator sekolahnya. Kalau operator tidak kooperatif konsultasi sama operator yang ada di dinas kabupaten atau cabang provinsi

  1. Honorer rata-rata mentok di SK atau syarat di no 3 gimana SK dari Bupatinya enggak ada tapi sudah terdatar didapodik

    1. Pihak sekolah harus mengajukannya ke Bupati, atau jemput bola. Tetapi untuk SMA/ SMK sekarang sudah diambil alih provinsi dan semuanya mendapatkan SK Honor dari Gubernur, sedangkan SD dan SMP masih di bawah dinas kabupaten atau pemerintah daerah

  2. Saya sudah sampi tahap penerbitan NUPTK tetapi 2 tahun belum muncul itu no NUPTK.
    Saya juga bingung knapa begitu lama, Saya operator sekolah, teman yang Saya ajukan 1 bulan yang lalu sudah keluar NUPTK.

  3. Kalau di Saya bukan masalah operatornya… Operator sudah berusaha yang terbaik dan tidak pernah membeda-bedakan. Semua berkas syarat sudah diajukan dan tak kunjung di aprove oleh dinas terkait, ada yang sudah mengajukan bertahun-tahun tetapi gak juga diaprove

    1. Kalau operatornya enak sekarang jemput bola, sampai dimana pendingnya kemudian hubungi atau datangi pihak terkait. InsyaAllah cepat terbit

  4. Saya sudah 10 tahun honor di SDN tetapi belum S1, sekarang masih kuliah. Apakah Saya harus menungu selesai kuliah?

    1. Pertanyaannya sekarang posisi bapak apa? guru apa tenaga kependidikan? kalau guru wajib S1 baru mengajukan NUPTK

  5. Sudah ditolak LPMP
    Sudah upload ulang
    Sudah diaprove dinas
    Sudah 2 bulanan belum diaprove LPMP

    Trus gimana, mana alamat LPMP?
    Mana alamat LPMP yang bisa diajak komunikasi di media. Sehingga tak perlu ke LPMP jatim. Jauh broo… Honorer ongkos bensin dll

    Kalau ada alamat media LPMP enak… Bisa menyalurkan keluhan kulinya…

    1. Kalau boleh tahu bro ada di kabupaten mana? emang ribet, seandainya minta tolong orang dinas harus ngasih $, tapi dibantu proses. Googling aja bro, LPMP jatim kan ada website dan call centernya to…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.