Typo Online

Cara Menghilangkan Typo atau Salah Ketik Dengan Typoonline

Posted on

Mungkin Anda pernah mendengar istilah typo di sosial media atau media online, lalu apa sih yang dimaksud dengan typo? Tipografi (tipografi), biasanya disingkat menjadi typo adalah seni dalam merangkai huruf menjadi kata-kata dan kalimat. Typo dapat diartikan salah ketik, jadi misalnya Anda bikin status di sosial media kemudian salah satu teman memberikan komentar, typo bang mohon dikoreksi. Itu artinya ada yang salah ketika mengetik status di sosial media.

Bila kita jeli dan teliti membaca koran terkadang ditemukan typo, itu hal yang lumrah. Mereka saja para jurnalis pernah typo saat menulis berita apa lagi dengan kita pasti pernah merasakan yang namanya typo. Mahasiswa yang kerjaanya bikin makalah dan penelitian ilmiah dalam ketikannya banyak ditemukan typo, sehingga ketikan konsultasi dengan dosen pembimbing disuruh merevisinya. Blogger juga begitu, pada artikel yang telah dipublish ditemukan typo.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan typo merupakan ketidak jelian kita dalam menulis/ mengetik artikel. Cara menghilangkan typo dimulai dengan membaca berulang-ulang dengan apa yang ditulisnya sehingga bila ditemukan typo cepat diperbaiki.

Meskipun yakin tidak ada typo, kemungkinan bila dibaca orang lain typonya kelihatan. Itu menandakan kejelian mata dalam menulis terkadang lelah. Untuk itu jangan heran kalau dosen pembimbing pada saat kuliah gampang sekali menemukan typo. Namun dengan adanya Typoonline, kesalahan dalam mengetik dapat dikurangi. Typoonline adalah web aplikasi KBBI Online yang menyediakan fasilitas pengecekan typo secara online. Namanya saja online jadi syarat utamanya harus terhubung dengan internet.

Typoonline mampu mengecek typo dari dokumen yang telah diketik, misalnya dokumen microsoft office word. Caranya dengan mengunggah dokumen tersebut di typoonline. Selain itu Typoo online juga bisa mengecek typo artikel blog yang telah dipublish dengan mengetik URL postingan blog kemudian dicek typonya.

Cara Mengurangi Typo Pada Dokumen Dengan Typo Online

1. Silahkan buka Typoonline untuk dokumen di sini
2. Upload file dengan cara memilih menu Letakan dokumen atau klik di sini (dokumen berekstensi .doc, .rtf, dan .txt)
3. Muncul notifikasi Masuk menggunakan akun, pilih Google+ atau Facebook, ikuti langkah-langkahnya sesuai petunjuk yang diberikan Typoonline
Daftar akun Typoonline4. Tunggu beberapa saat hingga Typoonline menampikan salah ketik pada dokumen Anda
5. Lihat hasilnya, yang hurufnya merah berarti typo, yang biru istilah Inggris.

Cara Menghilangkan Typo Artikel Blog Dengan Typo Online

1. Buka situs resminya Typoonline
2. Enter URL postingan artikel kemudian pilih cek
3. Lihat hasilnya, yang hurufnya merah berarti typo, yang biru istilah Inggris
4. Meskipun aplikasi Typoonline ada kekurangan seperti keakuratan dalam mendeteksi istilah gaul namun dengan tanda typo berwarna merah pada kata-kata dapat membantu Anda fokus ke kata tersebut untuk dilihat typo atau tidak.

Baca: 5 Cara Mengurangi Typo Saat Mengetik Artikel Blog


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.