Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Terbaru

Posted on 196 views

Cek NISN adalah cara yang dilakukan untuk mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional. Setiap peserta didik yang menempuh pendidikan formal datanya tersimpan di database Kemendikbud hingga lulus. Bila hasil pengecekan NISN tidak muncul, berarti status sekolah tersebut perlu dipertanyakan.

Untuk kepentingan tertentu seperti pindah sekolah dimana harus mencantumkan NISN di surat pengantar pindah maka guru dan wali murid dapat mengecek NISN secara online asalkan mengetahui nama siswa, tempat tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Sebenarnya operator sekolah mempunyai salinan lengkap NISN untuk semua peserta didik yang sekolah di situ, namun karena banyaknya data cek NISN secara online dapat menghemat waktu.

Baca: Cara Cek Data Mahasiswa Yang Telah Lulus Maupun Kuliah di Pangkalan Dikti

 

Pengertian NISN

Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Manfaat NISN

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan
2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini
3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

 

Cara Cek NISN Secara Online Dengan Mudah

1. Buka tautan berikut ini https://referensi.data.kemdikbud.go.id atau klik Cek NISN Secara Online
2. Isi semua data yang ada di kolom pencarian nama
Periksa NISN
3. Jangan lupa ketik kode captcha kemudian klik Cari Data
4. Tunggu sistem memproses data NISN
5. Lihat hasilnya, kini Anda berhasil cek NISN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.