Optimasi Clickbait Youtube

Mengenal Clickbait, Strategi Mendapatkan Banyak Viewer Youtube

Posted on

Clickbait adalah salah satu strategi untuk mendapatkan viewer pada video Youtube. Hingga saat ini Clickbait masih diperbolehkan Youtube dan banyak diterapkan oleh para Youtuber. Orang awam atau yang baru menjadi Youtuber tentu banyak yang belum paham apa itu Clickbait, untuk itu Teraa.net akan menjelaskannya kepada Anda tentang Clickbait.

Mungkin Anda pernah membaca judul artikel portal berita online, judulnya sangat menarik sehingga membuat penasaran orang untuk membacanya. Setelah dibuka ternyata isinya tidak sesuai dengan judulnya, bahkan ada yang melenceng jauh. Pengertian Clickbait di Youtube sebenarnya sama dengan yang ada di web/ blog, yang berbeda hanya medianya saja.

Pengertian Clickbait Youtube

Clickbait berasal dari kata “Click” yang artinya Klik dan “Bait” artinya Pancingan sehingga dapat disimpulkan bahwa Clickbait adalah sebuah pancingan untuk penikmat atau pengguna konten Youtube. Jadi semua orang yang pernah melihat tayangan Youtube bisa terkena jebakan Clickbait, termasuk Anda.

Sebenarnya Youtube memiliki algoritma yang lebih simple dibandingkan dengan web/ blog, maka tak heran jika banyak sekali blogger yang berpindah haluan menjadi Youtuber. Salah satu cara mendapatkan banyak tayangan Youtube yaitu dengan menerapkan optimasi Clickbait, dengan optimasi ini sebuah channel bisa mendapatkan ribuan viewer. Semakin banyak viewer maka kemungkinan mendapatkan subscribe juga tinggi.

Baca: Cara Melihat Pendapatan Channer Youtube Orang Lain

Keuntungan menerapkan Clickbait pada Youtube tidak lain adalah untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi dari video yang telah diuploadnya. Jadi ketika Anda pernah membaca judul video Youtube dan penasaran untuk melihatnya maka telah terkena jebakan Clickbait.

Cara Membuat Clickbait atau Judul Video Youtube

Semakin banyak yang menerapkan Clickbait maka video sampah juga banyak. Akibatnya adalah persaingan untuk menjadi Youtuber semakin berat. Bila dulunya mengajukan afiliasi sebagai Youtube Partner Program cukup mengupload 2 atau 3 video saja sudah cukup dan langsung diapprove oleh Google. Sekarang butuh 10.000 viewer baru mendapatkan approve. Disebut Youtuber bila telah diterima sebagai penayang iklan (AdSense Youtube).

Cara membuat Judul Clickbait yang benar adalah Judul yang dipilih tidak boleh menyimpang dari kontenya. Misalnya Anda membikin video “Resep Nasi Goreng”, maka judul yang tepat adalah “Cara Membuat Nasi Goreng, Dijamin Bikin Ngiler”. Judul Clickbait tersebut masih ada kaitan dengan kontennya yaitu “Resep Nasi Goreng”.

Contoh Judul Clickbait Yang Tidak Dianjurkan

Banyak Youtuber nakal yang membuat judul Clickbait ngawur, namun anehnya video yang diuploadnya selalu mendapatkan viewer tinggi. Coba Anda perhatikan perilaku orang yang membuka Youtube, yang paling banyak dicari apa? informasi atau hiburan? kebanyakan lebih memilih hiburan, bila tujuannya untuk menghibur maka judul Clickbaitnya harus ada kata “Lucu”, “Konyol”, dan “Menarik”.

Contohnya Anda merekan “Gerak Jalan” di desa Anda, kemudian membuat judul Clickbait ngawur seperti “Gerak Jalan Paling Lucu dan Konyol di Gandusari”. Padahal kalau dibuka Gerak Jalan yang direkam tadi tidak ada yang Lucu dan Konyol melainkan serius dan disiplin layaknya baris-berbaris.

Cara Memaksimalkan Clickbait

Maksimalkan optimasi Clickbait ini dengan membagikan video tersebut di jejaring sosial seperti Facebook, Google Plus, dan Twitter. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Line, dam BlackBerry Messenger untuk berbagi video. Jejaring sosial adalah sarana gratis untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak banyak, dalam hal ini adalah video Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.