Mengenal Ukuran Pipa, 1 DIM Berapa INCH atau CM?

Posted on

Mengenal dan memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia bangunan maupun pertukangan merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Mungkin pernah mendengar ukuran pipa 1 dim, 1.5 dim, dan 2 dim, namun apakah Anda mengerti ukuran dim itu berapa inch atau cm.

Dim adalah diameter, bukan keliling lingkaran pada pipa. Satuan diameter bisa menggunakan dim, inch (inci), dan cm, tergantung satuan tersebut mau dipakai dalam hal apa. Kalau untuk mengukur diameter lingkaran maka menggunakan ukuran cm, kalau untuk pipa bisa dim dan atau inch.

Satuan pengukuran yang dipakai secara internasional disebut SI (Standar Internasional), satuan pengukuran yang telah diakui secara nasional atau dalam negeri disebut SNI (Standar Nasional Indonesia). Ada juga dari negara lain yang telah dijadikan patokan seperti JIS (Japanese Industrial Standard).

Ukuran Pipa Dalam Satuan Dim

Istilah Inch lebih popular digunakan di luar negeri untuk mengukur diameter lingkaran, termasuk pipa. Di Indonesia, dim dipakai sebagai ukuran standar pipa dalam sistem perairan dan tiang antena. Makanya bila Anda pergi ke toko bangunan untuk membeli pipa besi maupun pvc pasti ditanya mau ambil ukuran berapa? supaya tidak bingung dan kelihatan banyak nggak tahunya maka wajib paham satuan pengukuran dim.

Baca: Ukuran Tanah 1 RU Berapa Meter Persegi?

Ukuran DIM Dalam Satuan INCH, dan CM

  • 1 dim sama dengan 1 inch
  • 1 inch = 2.54 cm
  • 1 dim = 2.54 cm
  • 1 dim = 0.0254 x 100 = karena 1 meter = 100 cm maka dikali 100.

Satuan Lain Yang Masih Berhubungan Dengan DIM

Masih berhubungan dengan diameter lingkaran, ada juga satuan feed yang sering digunakan untuk menyebut ukuran antena parabola. Misalnya 5 feet, 6 feet, dan 8 feet. Berikut ini konversi feet dalam satuan inch dan cm.

  • 1 feet = 12 inch = 30 cm.

Cara Menghitung Diameter Lingkaran Pada Pipa

Cara paling mudah mengetahui diameter atau berapa dim yaitu dengan mengukurnya langsung dengan penggaris. Silahkan ambil salah satu sisi lingkaran kemudian tarik garis tengahnya maka diketahui berapa diameter atau dim. Masalahnya apakah Anda akan membawa penggaris ketika membeli pipa besi maupun pvc? ribet bukan? Cara lainnya dengan menggunakan rumus matematika yang diberikan guru sejak SD.

Demikianlah informasi ukuran satuan pipa dalam dim, inch, dan cm. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca, amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.