Mengembalikan Data Hilang Dengan EaseUS Data Recovery

Posted on

Cara mengembalikan data yang hilang pada harddisk, SSD, flashdisk, dan memory card sepertinya merupakan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Kalau data tersebut hilangnya karena kehapus mungkin bisa direstore pada Recycle Bin, namun bila hilangnya karena keformat secara tidak sengaja dan dihapus antivirus maka harus menggunakan program data recovery.

Dil luar sana banyak sekali program data recovery namun apakah bisa benar-benar mengembalikan data? meskipun kembali biasanya file rusak. Salah satu program yang direkomendasikan untuk menyelamatkan data adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Program ini sering digunakan oleh para teknisi komputer untuk mengembalikan data yang hilang pada komputer/ laptop. Untuk itu bila data Anda hilang jangan panik dan terburu-buru dibawa ke tungkang service, marilah coba merecovery sendiri menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

Data merupakan aset penting yang harus diselamatkan, kalau tidak perjuangan Anda selama bertahun-tahun untuk mengumpulkan foto keluarga, mengoleksi filem, download software, dan data penting mengenai tugas-tugas sekolah dan perkuliahan akan sirna. EaseUS Data Recovery Wizard mampu mengembalikan semua format data seperti gambar, MP3, video, dokumen, program, dan file archives. Selain itu data yang hilang pada memory card dan flashdisk juga bisa direcovery.

Persyaratan Supaya Data Bisa Direcovery 100%

Sebab hilangnya data yang tersimpan pada storage device sangat beragam, bila Anda tidak mengetahuinya dan baru menyadari ada data yang hilang maka jangan menyimpan file atau memformatnya di media tersebut. Begitu juga yang hilangnya karena keformat secara tidak sengaja pada saat install ulang Windows atau partisi harddisk. Intinya jangan diapa-apain, langsung saja untuk mendownload EaseUS Data Recovery Wizard kemudian install pada komputer.

Baca: Teknologi NVMe Pada SSD, Storage Terkencang Saat Ini

Usahakan harddisk atau media penyimpanan tersebut berbeda dengan yang di install sistem operasi. Misalnya Anda ingin merecovery harrdisk laptop, maka lepaskan dulu dan pasang sebagai skunder. Kalau memaksakan menggunakan 1 harddisk (primer) hasilnya tidak sempurna. Persyaratan lainnya yang nggak kalah penting adalah kondisi media penyimpanan harus normal 100%, tidak rusak ataupun corrupt.

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Dengan EaseUS Data Recovery Wizard

1. Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard, bila belum punya silahkan download dulu di official websitenya
2. Pilih jenis file yang akan direcovery, pilih All File Types untuk pencarian beragam file kemudian Next
Pendeteksian beragam file 2. Pilih drive harddisk yang akan direcovery lalu lanjutkan dengan Scan
Recovery media penyimpanan 3. Tunggu proses scanning hingga selesai, semakin besar kapasitas harddisk dan isinya maka membutuhkan waktu berjam-jam
Scanning EaseUS Data Recovery Wizard 4. Setelah proses scan lengkap maka bisa merecovery kembali. Beri tanda centang pada folder yang akan direcovery saja, jangan semuanya
Proses scan lengkap 5. Selanjutnya pilih Recover, tentukan lokasi dimana file tersebut akan disimpan
Recovery files EaseUS Data Recovery 6. Tunggu proses recovery hingga selesaiData berhasil dikembalikan dengan EaseUS Data Recovery7. Selamat, sekarang data penting Anda telah berhasil dikembalikan dengan EaseUS Data Recovery Wizard.

Demikianlah informasi cara mengembalikan data yang hilang dengan program EaseUS Data Recovery Wizard. Cara di atas mengembalikan data pada harddisk komputer, untuk flasdisk dan memory card caranya adalah sama.

Download EaseUS Data Recovery Wizard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *