Cara Blokir Aplikasi Menggunakan Firewall App Blocker

Posted on

Semua aplikasi yang terhubung dengan internet yang menyediakan update pembaharuan bila versi baru muncul maka membutuhkan firewall. Secara otomatis bila komputer terhubung dengan akses internet maka firewall pada suatu aplikasi akan aktif dengan sendirinya sehingga aplikasi tersebut terhubung ke server pembuatnya.

Sebenarnya jika semua software yang ada pada komputer Anda berbayar maka tidak perlu memblokir firewallnya, namun bila menggunakan aplikasi pro/ premium yang menggunakan serial number dan atau crak penting sekali memblokirnya untuk mencegah program menjadi trial. Firewall menjadi momok menakutkan bagi pengguna aplikasi bajakan oleh sebab itu sebaiknya gunakan aplikasi freeware yang jelas disediakan secara gratis atau membelinya secara resmi.

Menurut Wikipedia Indonesia, Firewall atau tembok api adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal. Tembok api bekerja dengan cara melacak dan mengendalikan jalannya data serta memutuskan aksi untuk melewatkan (pass), menjatuhkan (drop), menolak (reject), mengenkripsi atau melakukan pencatatan aktivitas (log) data. Firewall menjamin agar data sesuai dengan aturan (rule) yang terdapat di dalam kebijakan keamanannya (security policy) yaitu seperangkat aturan yang telah didefinisikan di dalam keamanan jaringan internal

Tujuan penulisan artikel ini sebenarnya sebagai ilmu bagaimana cara memblokir aplikasi menggunakan Firewall App Blocker, jadi jangan dimanfaatkan untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Firewall App Blocker adalah aplikasi yang diciptakan khusus untuk memblokir program tertentu, jadi tinggal mendownloadnya langsung bisa digunakan untuk memblokir firewall.

Baca: Cara Update Manual File VDF AVIRA Antivirus (Offline)

Firewall App Blocker dapat dijalankan disemua versi Windows dan tersedia untuk arsitektur Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit. Aplikasi ini ukurannya cukup kecil yaitu 1,9 MB saja dan dapat dijalankan secara portable tanpa harus menginstall pada komputer.

Cara Menggunakan Firewall App Blocker

1. Download dulu Firewall App Blocker
2. Ekstrak menggunakan 7Zip atau WinRar
3. Jalankan Fab atau Fab_x64 dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator. Fab untuk Windows 32 Bit dan Fab_x64 untuk Windows 64 Bit
4. Silahkan pilih aplikasi yang akan diblock menggunakan Firewall App Blocker, caranya bisa dengan drag langsung icon aplikasi yang ada pada dekstop komputer ke jendela Firewall App Blocker. Bila di dekstop komputer tida ada icon aplikasi yang ingin diblokir silahkan pilih menu tanda +, kemudian cari aplikasi yang akan diblokir.
5. Perhatikan gambar di bawah ini, contohnya ingin block Wondershare Filmora. Setelah ditambahkan maka statusnya masih disilang dan belum aktif, oleh karena itu klik tanda centang √ (Allow Selected)
Firewall App Blocker
6. Berikut ini semua aplikasi telah berhasil diblock menggunakan Firewall App Blocker.
Selected Firewall App Blocker

Download Firewall App Blocker v1.6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.