form di dalam form google forms

Cara Membuat Form di Dalam Form Google Forms

Posted on 21 views

Cara membuat form di dalam form Google Forms artinya menambahkan banyak form dalam satu form yang sama. Misalnya ingin membuat angket kebiasaan belajar untuk SMA jurusan IPA dan IPS kelas 10 sampai 12, kalau angketnya dibuat satu persatu menggunakan Google Forms maka cukup menguras waktu belum lagi mengelola hasil isiannya.

Dengan menambahkan banyak form di dalam satu form yang sama maka beberapa form tersebut dapat disederhanakan namun tidak mengurangi fungsi dan tujuan dari form yang telah dibuatnya. Anda bisa memberikan perintah untuk siswa kelas 10 supaya mengisi angket khusus kelas 10, dan seterusnya sehingga tidak terjadi namanya percampuran data.

Supaya mudah memahaminya, ibaratkan form ini sebuah lembar halaman. Untuk menuju ke halaman berikutnya tidak perlu membuat halaman baru, cukup memanfaatkan fitu section bisa menambahkan halaman di dalam halaman.

Keuntungan membuat banyak form di dalam satu form yang sama adalah kelihatan sederhana dan tentunya hanya menggunakan satu link Google Forms sehingga mudah dibagikan kepada orang lain. Bayangkan saja bila membuat form terpisah, maka linknya banyak sekali dan membagikannya harus copy satu-persatu.

Baca: Cara Mendapatkan Embed Kode Google Slide

 

Memanfaatkan Section di Google Forms

Section adalah fitur yang memungkinkan bisa beralih ke bagian lain dalam satu form yang sama. Seperti pada program dimana menu A dipilih maka masuk menu D, menu B dipilih masuk menu E, dan lain sebagainya.

Fitur di dalam Google Forms ini sebenarnya kalau dikaji lebih jauh sangat bermanfaat sekali terutama untuk keperluan pengumpulan data seperti angket. Selain section Anda bisa menambahkan Add-ons seperti Form Notification dan Form Limiter, namun Adds-ons ini tidak masuk dalam pembahasan ini melainkan diartikel selanjutnya.

 

Cara Membuat Banyak Form Dalam Satu Form Google Forms

1. Buka Google Forms kemudian login menggunakan akun Gmail
2. Buat form seperti biasa, misalnya form angket kebiasaan belajar untuk SMA jurusan IPA dan IPS, kelas 10 sampai 12
3. Untuk menambahkan form di dalam form perhatikan gambar berikut ini, Add section adalah fitur menuju sesi berikutnya. Sesi yang dimaksud adalah beralih dari form utama menuju form berikutnya
Add section Google Forms
4. Tambahkan section sesuai kebutuhan, misalnya tiga section
5. Di dalam section ini bisa ditambahkan pertanyaan maupun pernyataan
6. Tambahkan perintah untuk beralih ke section berikutnya dengan memanfaatkan Multiple Choise. Pada sebelah kanan jawaban Multiple Choise klik dan pilih Go to section…
7. Artinya ketika pilihan tersebut dipilih siswa sesuai dengan tingkatan kelas maka beralih ke angket kebiasaan belajar kelas 3, bukan kelas 1 maupun 2
8. Kurang lebih hasilnya seperti ini
Next Section Google Form
9. Setelah selesai semua silahkan uji coba apakah berhasil, kalau berhasil siap dibagikan linknya kepada siswa.

Demikianlah informasi cara membuat form di dalam form Google Forms, setelah membaca dan mencoba menerapkannya sendiri ternyata mudah sekali menambahkan form dalam satu form. Bila ada yang kurang jelas ajukan pertanyaan melalui kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.