15 Fungsi Alat Jaringan Serta Kegunaannya

Posted on

Belajar jaringan merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan dan tidak ada habisnya. Belajar bisa dimulai dari mengenali fungsi perangkat jaringan kemudian mencoba merangkainya. Untuk mahir jaringan tidak harus lulus SMK jurusan TKJ dan ambil kuliah Komputer, semua orang bisa asalkan ada kemauan.

Melihat kebutuhan internet yang semakin tinggi seharusnya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan membuka usaha RT/ RW Net. Modal yang dibutuhkan ada 2 yaitu penjual bandwidth dan perangkat jaringan. Bila daerah Anda jauh dari kota besar maka carilah Telkom untuk diajak kerjasama.

Baca: Solusi Internet Murah Untuk Pedesaan Dengan RT/ RW Net

Perangkat jaringan mudah ditemui dimana-mana, mau yang praktis bisa beli online. Untuk mendukung usaha tersebut alangkah baiknya bila paham dulu fungsi dan kegunaannya. Oleh karena itu berikut ini dibahas 15 fungsi alat jaringan yang ada di pasaran.

15 Fungsi Alat Jaringan dan Kegunaannya

1. Fungsi Kabel Jaringan (LAN)

Fungsi utama dari kabel jaringan adalah untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat lainnya. Misalnya dari server ke komputer, server ke Access Point, dan lain sebagainya. Jenis kabel yang banyak dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP) dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Fungsi POE

POE merupakan singkatan dari Power Over Ethernet yang berfungsi memperkuat arus listrik pada kabel jaringan. Semakin tinggi/ panjang kabel yang digunakan maka arusnya semakin lemah sehingga perlu diperkuat menggunakan POE. Bila tidak maka data internet yang disalurkan bisa hilang di tengah jalan. POE mampu menyalurkan tenaga listrik DC melalui kabel ethernet atau kabel data internet atau kabel UTP/ STP.

Perangkat ini digunakan untuk Access Point Outdor dimana dalam pemasangannya memerlukan ketinggian. POE mampu menghidupkan antena, reboot, dan reset tanpa harus manjat tiang, cukup dikontrol dari bawah saja. Setiap kali Anda membeli Access Point pasti dilengkapi POE, namun begitu juga tetap bisa membelinya secara terpisah untuk keperluan tertentu.

3. Fungsi Router

Router adalah perangkat yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih sehingga data yang dikirimkan bisa diterima perangkat lainnya. Dengan adanya perangkat bernama router tadi maka dua jaringan yang berbeda dapat terhubung, sebagai contoh 135.165.112.6/24 bisa terhubung ke 163.190.231.4/24 begitu dengan sebaliknya.

Router itu bisa menghubungkan network / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, star dan ring. Penggunaan router ini sering digunakan dalam teknologi jaringan berbasis protokol TCP/IP. Untuk router yang digunakan dalam hal ini sering disebut dengan IP router. Selain itu, router juga bisa digunakan untuk membuat koneksi antara jaringan LAN dengan sebuah layanan telekomunikasi (telekomunikasi leased line / Digital Subscriber Line). Router ini sering disebut dengan access server. Ada juga router yang menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi jaringan DSL (Digital Subscriber Line). Router ini dinamakan DSL router.

4. Fungsi Wireless and Router

Sesuai namanya Wireless and Router berarti perangkat ini memiliki fungsi sebagai penyebar Wifi dan sekaligus Router. Dengan menggunakan Wireless and Router dapat memungkinkan Anda menghubungkan internet ke beberapa komputer/ laptop menggunakan kabel LAN dan sekaligus menyebarkan sinyal Wifi. Perangkat ini telah dilengkapi beberapa hub untuk WAN dan LAN serta antena Wireless.

5. Fungsi Access Point

Access Point adalah perangkat jaringan yang mempunyai dua fungsi yaitu sebagai penerima, dan penerus sinyal Wifi. Kedua fungsi tersebut tidak bisa berjalan bersamaan, jadi harus memilih salah satu mode point to point atau station. Ditinjau dari kegunaannya Access Point dibedakan menjadi dua yaitu indoor dan oudoor, Access Point indoor mempunyai kelebihan mampu menembus dinding tembok sedangkan Access Point Outdor digunakan untuk mengangkut bandwidth jarak-jauh yang dipancarkan oleh repeater ke client.

6. Fungsi Range Extender

Teknologi terbaru yang masih berkaitan dengan perangkat jaringan adalah Range Extender atau lebih lengkapnya disebut Wifi Range Extender. Perangkat ini berfungsi untuk memperluas area sinyal Wifi yang telah dipancarkan dan sekaligus sebagai penguat pada titik-titik tertentu yang susah dijangkau Wifi. Sebenarnya fungsinya hampir sama dengan repeater namun penggunaannya ditujukan untuk dalam rumah atau gedung/ indoor.

7. Fungsi Bridge

Bridge merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan. Cara kerja bridge yaitu mengenali alamat MAC yang mentransmisi sebuah data ke jaringan, kemudian bridge akan membuat tabel internal secara otomatis, dimana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang akan dirouting maupun yang akan difilter.

8. Fungsi HUB

Alat ini fungsinya untuk membagi server ke jaringan lain dengan prinsip kerja menyalin sekumpulan/ paket data dari sebuah sumber yang tersambung dengan port pada hub itu dan membagikan kepada seluruh port yang tersambung dengan hub tersebut. Hub tidak dapat mengatur alur jalannya suatu data, sehingga setiap paket data yang melewati hub akan dibroadcast ke semua port sampai paket data yang dimaksud sampai ke tujuan. Hal inilah membuat paket data yang dikirim mengalami collision atau tabrakan data.

9. Fungsi Switch

Switch merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub, tetapi perangkat ini ‘lebih pintar’ dari hub karena dapat mengatasi masalah collision data. Tidak hanya itu, switch juga memiliki beberapa kelebihan seperti kecepatan transfer data maupun luas jaringan yang jauh lebih bagus dari hub. Selain itu, switch tidak hanya digunakan untuk membagi sinyal tetapi juga memfilter paket data kemudian meneruskannya ke jaringan yang dituju.

10. Fungsi Repeater

Repeater merupakan perangkat jaringan untuk memperkuat sinyal. Perangkat repeater dapat memperkuat sinyal pada jarak jauh. Cara kerja dari repeater itu sendiri adalah dengan menerima sinyal dari server, kemudian memancarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat, dengan kata lain sinyal yang lemah dapat dipancarkan kembali menjadi lebih kuat dan luas.Fungsi repeater adalah:

1. Memperluas Jangkauan Sinyal Server
Jadi, jika sebuah server menggunakan repeater maka sinyalnya akan bisa diakses lebih jauh oleh perangkat lain.Maksudnya adalah, dalam jarak yang lebih jauh sebuah perangkat bisa mengakses paket data dari server.

2. Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi
Dengan adanya repeater, maka banyak perangkat yang lebih mudah dalam mengakses Wifi karena jaringan sudah diperkuat dengan menggunakan repeater.

3. Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan
Penggunaan repeater meminimalisir adanya kabel jaringan yang cukup banyak. Itu karena repeater memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data.

11. Fungsi NIC

NIC atau Network Interface Card merupakan kartu yang juga berperan penting bagi komputer. NIC biasanya ditanamkan pada komputer sehingga perangkat bisa terhubung dengan jaringan LAN. Adapun fungsi NIC ini membuat perangkat dapat terhubung dengan jaringan melalui koneksi kabel.

12. Fungsi Modem

Modem merupakan perangkat keras yang dapat menghantarkan perubahan data sinyal menjadi analog untuk selanjutnya kembali menjadi data sinyal digital sehingga komputer dapat dijalankan. Biasanya ketika modem mendapatkan sinyal analog maka ia akan merubahnya menjadi signal digital dan menghantarkannya ke komputer.

13. Fungsi LAN CARD

Sama halnya dengan perangkat jaringan yang lain, LAN card juga berfungsi menghubungkan dua atau lebih komputer dengan menggunakan media kabel. LAN card juga bertugas mengubah aliran data yang berbentuk paralel menjadi bentuk serial, sehingga dapat ditransmisikan melalui media jaringan seperti kabel UTP. Sepertinya sekarang sudah jarang ditemui lagi karena Komputer/ Laptop rata-rata telah dilengkapi LAN CARD.

14. Fungsi Wireless CARD

Fungsinya hampir sama dengan LAN CARD, namun ini untuk komputer yang tidak dilengkapi Wifi. Cara menggunakannya cukup menancapkannya pada socket maiboard. Dari segi keindahan Wireless CARD lebih praktis daripada LAN CARD dengan kabelnya.

15. USB Wireless Adapter

USB Wireless Adapter dapat menghubungkan komputer/ laptop yang tidak dilengkapi Wifi untuk terhubung ke internet. Perangkat ini menggunakan port USB, bukan LAN CARD. Frekuensi yang dapat ditangkap adalah 2.4 GHZ seperti laptop dan smartphone.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.