Cara Menggunakan HDMI to VGA Converter

Fungsi HDMI to VGA Converter Pada Perangkat Komputer

Posted on

HDMI to VGA Converter adalah alat untuk menghubungkan graphic card ke layar monitor. Layarnya bisa berupa LCD/ LED maupun proyektor untuk keperluan presentasi. Semua komputer dekstop maupun laptop telah dilengkapi port display yang berfungsi menampilkan gambar pada layar.

Port display ada 3 macam yaitu Video Graphics Array (VGA), High-Definition Multimedia Interface (HDMI), dan Digital Video Interface (DVI). Diantara ketiga konektor tersebut urutan kualitas gambar dari yang jelek hingga paling bagus adalah sebagai berikut: VGA → HDMI → DVI.

Grapic Card (kartu grafis) adalah komponen komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis yang bisa dilihat pada layar monitor. Jenisnya ada 2 yaitu onboard dan grapich card tambahan yang ditancapkan pada slot PCI Express.

Rata-rata laptop keluaran terbaru telah mentiadakan konektor VGA, sebagai gantinya cuma menyertakan HDMI dan DVI. Sedangkan layar monitor dan proyektor yang ada hingga saat ini masih mempertahankan konektor VGA. Kondisi yang tidak saling melengkapi ini meyebabkan pengguna komputer dekstop/ laptop tidak bisa terhubung dengan layar.

Solusinya adalah menggunakan HDMI to VGA Converter. Aalat ini mampu mengubah sinyal digital HDMI dengan output VGA. Harganya juga bervariasi mulai 30 ribu hingga 150, semakin mahal biasanya kualitasnya bagus.

HDMI to VGA Coverter Biasa
Converter biasa tanpa dilengkapi kabel audio. Harganya di bawah 50 ribu
HDMI to VGA Converter Plus Audio
HDMI to VGA Converter yang dilengkapi jek audio sehingga memungkinkan outputnya berupa gambar dan suara. Harganya diatas 80 ribu

Cara Mengubungkan Laptop Yang Tidak Dilengkapi Port VGA ke Monitor/ Proyektor Jadul

Laptop Anda tidak ada port VGA? jangan khawatir berikut ini caranya supaya bisa terhubung dengan proyektor. Cara menggunakan HDMI to VGA Converter cukup mudah, silahkan perhatikan gambar di atas. Konektor yang kecil ujungnya adalah HDMI, sedangkan yang besar adalah VGA. Tancapkan konektor HDMI ke port HDMI, dan VGA ke port VGA.

Namanya saja converter kalau mengharapkan hasil yang sempurna pasti kalah sama aslinya yang benar-benar menggunakan VGA to VGA dan HDMI to HDMI. Namun dengan adanya alat ini bisa dijadikan solusi jika komputer/ laptop tidak dilengkapi port VGA bisa terhubung dengan monitor/ proyektor jadul.

Baca: Tips Menghindari Salah Beli Memory Laptop atau SODIMM

Admin TERAA.NET juga mempunyai pengalaman sendiri ketika menggunakan HDMI to VGA. Ceritanya dulu ketika membeli graphic card tidak menyesuaikan dengan port yang ada pada LCD monitor. Alhasil setelah dibeli tidak bisa terhubung karena salah satunya tidak ada port VGA yaitu pada graphic card.

Setelah membeli HDMI to VGA Converter akhirnya bisa digunakan. Pengalaman ketika menggunakan alat ini adalah setelah Windows berhasil booting maka layar akan berkedip setengah detik lalu hidup normal kembali. Ini terjadi ketika menggunakan Windows 10, kalau dibawahnya maka aman-aman saja.

2 thoughts on “Fungsi HDMI to VGA Converter Pada Perangkat Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.