Cara Mengaktifkan iBanking BRI dan Mobile Banking Terbaru

Posted on

Internet banking BRI dan mobile banking hadir untuk memudahkan para nasabah bertransaksi secara online tanpa ada batasan waktu. Bandingkan dengan cara tradisional yang harus mengantri di teller setiap kali mau bertransaksi dan itupun ada batasannya cuma 5 hari kerja mulai Senin hingga Jum’at.

Bila Anda ingin membeli barang secara online pada hari Sabtu dan Minggu maka bisa membayar melalui kantor BRI pada hari kerja kecuali menggunakan ATM. Dengan adanya internet banking dan moblie banking transaksi dapat dilakukan pada detik dan hari itu juga. Hadirnya kedua produk BRI tersebut mampu menjawab kebutuhan para nasabah yang malas pergi ke ATM dan kantor BRI untuk bertransaksi.

Secara default para nasabah BRI lama tidak mendapatkan fasilitas ini kecuali mengaktifkannya di kantor BRI. Berikut ini adalah persyaratan pengajuan internet banking dan mobile banking BRI, semoga bermanfaat.

Persyaratan Mengajukan Internet Banking BRI dan Mobile Banking

1. Membawa buku tabungan BRI
2. Membawa kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) BRI
3. Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
5. Materai Rp. 6.000 (1 lembar)
6. Nomor HP (hape) aktif untuk notifikasi token BRI.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI dan Mobile Banking

1. Silahkan pergi ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan tersebut
2. Ambil antrian untuk bertemu Customer Service (CS) BRI
3. Setelah dipanggil CS utarakan keperluan Anda yaitu mengaktifkan internet banking dan mobile banking
4. Anda diberi blanko pengajuan internet banking dan mobile banking, isi blanko tersebut
5. Aturan baru dari bank BRI semua urusan administrasi dibutuhkan materai Rp. 6.000
6. Tunggu beberapa saat sampai internet banking dan mobile banking aktif
7. Selamat kini Anda bisa bertransaksi secara mobile menggunakan internet banking dan mobile banking.

Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Internet Banking BRI dan Mobile Banking

Internet Banking BRI

Namanya saja internet pasti bisa dibuka di mana saja asalkan ada koneksi internet. Untuk bertransaksi menggunakan internet banking harus terpasang browser baik itu di komputer/ laptop maupun smartphone. Caranya silahkan buka Ibanking BRI kemudian login menggunakan username dan password Anda, jangan lupa mengisi Validation sesuai nomor di sampingnya.

Cara menggunakan internet banking BRI

Seperti yang telah dijelaskan di atas, internet banking mempunyai keunggulan bisa dibuka di mana saja dan kapan saja asalkan ada internet. Kelemahannya adalah harus menggunakan token setiap kali bertransaksi, token ini akan dikirimkan nomor hape yang telah didaftarkan sebelumnya.

Pengalaman menggunakan internet banking kalau digunakan untuk bertransaksi diluar propinsi ketika membuka cabang maka tokennya terkadang tidak segera dikirimkan oleh pihak BRI pusat. Token hanya dikirimkan pada nomor yang ada pulsanya, jadi pastikan harus terisi dulu ketika melakukan transaksi via ibanking BRI.

Baca: Cara Mengurus Kartu ATM Bank Mandiri Yang Hilang (Terbaru)

Bagi orang awam menggunakan internet banking jauh lebih sulit dari mobile banking karena menu pada apikasi web BRI begitu banyak dan kelihatan rumit. Padahal kalau dipelajari lebih leluasa menggunakan internet banking daripada mobile banking.

Mobile Banking BRI

Cara kerja menggunakan mobile banking harus dengan mendownload aplikasinya di Google Play Store kemudian mengaktifkannya menggunakan username dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Kelebihannya ketika akan betransaksi cukup dengan membuka aplikasi mobile banking BRI melalui smartphone Android atau iOS.

Kelemahannya adalah setiap kali bertransaksi dikenakan potongan pulsa sesuai yang ditetapkan operator selular. Nomor hape yang didaftarkan sebagai penerima token harus terpasang di smartphone yang di install mobile banking BRI, paket data yang digunakan juga harus menggunakan nomor yang sama dengan yang telah didaftarkan di BRI.  Mobile banking BRI memang praktis dan mudah digunakan karena tidak memerlukan token seperti internet banking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.