Membuat Ranking Raport

Membuat Ranking Raport (Peringkat) Tanpa Double

Posted on 102 views

Setiap guru terutama wali kelas harus bisa membuat ranking raport atau peringkat untuk semua peserta didik yang berada di bawah naungannya. Kalau tidak menguasai rumus membuat ranking maka tidak diketahui urutan prestasi akademiknya dari nilai yang paling tinggi hingga terendah.

Salah satu program Office untuk membuat ranking kelas adalah menggunakan Microsoft Office Excel. Rekan guru dapat memanfaatkan leger nilai kemudian ditotal jumlah nilai semua pelajaran untuk masing-masing peserta didik kemudian dibuatkan ranking. Bisa juga menggunakan nilai rata-rata, namun disarankan memakai total nilai saja karena paling mudah dilakukan.

Permasalahan yang sering muncul ketika membuat ranking kelas adalah terjadinya ranking yang sama untuk peserta didik yang mendapatkan total nilai sama. Misalnya dalam kelas tersebut terdapat 2 anak yang nilainya sama maka rangkingnya bisa double, kalau 3 anak nilainya sama bisa triple, dan begitu seterusnya.

Pada ulasan kali ini TERAA.NET akan memberikan rumus mencari ranking kelas secara umum dimana hasilnya bisa memungkinkan 2 – 3 anak atau lebih peringkatnya sama jika nilai totalnya sama dan ranking kelas secara khusus dimana tidak ada peringkat sama meskipun total nilainya sama.

Baca: Mengatasi Mircrosoft Office Tiba-Tiba Tidak Bisa Digunakan Untuk Mengetik

Perangkingan ini sebenarnya sudah dihilangkan pada raport mulai tahun ajaran 2019-2020, namun masih saja ada orang tua/ wali murid yang bertanya anaknya ranking berapa. Untuk menjawabnya, Wali Kelas harus mengurutkan sendiri nilai tertinggi hingga terendah untuk menentukan peserta didik tersebut ranking berapa.

Orang tua yang seperti itu artinya peduli sekali dengan perkembangan akademik anaknya sehingga menanyakan ranking sendiri meskipun telah dihilangkan pada raport. Ada beberapa alasan kenapa peringkat kelas atau ranking dihilangkan diantaranya adalah supaya peserta didik tidak terlalu fokus pada nilai namun ke sosial dan ketrampilan.

 

Rumus Cara Membuat Ranking Raport

1. Berikut ini adalah leger nilai yang siap dibuatkan perangkingan. Dalam contoh ini menggunakan total nilai untuk mengetahui peringkat peserta didik
2. Kemudian tambahkan kolom untuk ranking, perhatikan tabel berikut ini. Perintah mencari ranking dimulai dengan mengetik =K4,$K$4:$K$21,0) kemudian Enter
Membuat Peringkat Kelas dengan Excel
3. Setelah salah satu peserta didik diketahui rankingnya tinggal drag ke bawah hingga semuanya muncul
Membuat Peringkat Kelas dengan Excel
4. Perhatikan tabel nilai di atas dimana ada 3 anak yang mendapatkan total nilai sama sehingga peringkatnya ada 3. Supaya tidak terjadi ranking sama gunakan rumus di bawah ini.

 

Rumus Ranking Kelas Tanpa Double

1. Rumusnya sama dengan cara pertama tinggal menambahkan perintah COUNTIF
2. Tambahkan kolom lagi untuk melihat perbedaan ranking tanpa double
3. Perintahnya =RANK(L4,$L$4:$L$21,0)+COUNTIF($L$4:L4,L4)-1 kemudian Enter
Perangkingan Raport
4. Setelah diketahui ranking salah satu peserta didik tinggal drag ke bawah dan lihat hasilnya seperti ini

3. Setelah ditambahkan perintah CONTIF, tidak ada ranking yang sama. Semoga bermanfaat untuk bapak/ ibu guru Wali Kelas.

Demikianlah informasi cara membuat perangkingan kelas, bila masih bingung silahkan simak video YouTube berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.