Alat Penstabil Tegangan Listrik

Mencegah Listrik Gejlek Dengan Automatic Starting Inverator

Posted on

Meskipun telah memasang listrik dengan tegangan 900 volt dan 1200 volt terkadang untuk menyalakan komputer, TV, dan kulkas tiba-tiba terjadi lonjakan arus listrik yang mengakibatkan gejlek. Kalau dihitung secara matematika seharusnya listrik dengan tegangan 900 volt keatas mampu menjalankan peralatan elektronik tersebut. Apa ada yang tidak beres dengan installasi listrik atau pihak PLN yang menipu para pelanggannya. Bila Anda mengalami seperti yang telah dijelaskan tersebut jangan panik dulu, masalah listrik gejlek bisa diatasi dengan Automatic Starting Inverator.

Ketika terjadi lonjakan arus listrik menjadi padam, cara menghidupkan kembali dengan menekan atau menggeser tombol Off menjadi On pada meteran listrik. Masalahnya seberapa sering Anda menekan tombol On ketika listrik gejlek dan kalau dibiarkan begitu saja peralatan elektronik cepat rusak. Proses terjadinya lonjakan arus listrik ketika pertama kali menyalakan peralatan elektronik dengan konsumsi daya besar misalnya komputer 400 watt, maka sekering pada meteran listrik tidak kuat menahannya sehingga jadi padam.

Mencegah Lonjakan Arus Listrik Dengan Automatic Starting Inverator

Cara mencegah listrik gejlek dengan menggunakan alat yang bernama Automatic Starting Inverator. Banyak sekali toko elektronik yang menjual alat ini dengan kisaran harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 untuk merek Trillion. Anda bisa menggunakan selain merek Trillion yang terpenting fungsinya sama yaitu sebagai Automatic Starting Inverator.

Baca: Cara Isi Ulang Pulsa Listrik Dengan Internet Banking BCA

Alat ini fungsinya untuk menstabilkan tegangan arus listrik ketika peralatan elektronik baru dinyalakan. Dengan memasang Automatic Starting Inverator, listrik terbebas dari gejlek atau padam secara tiba-tiba. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu dengan mengubungkannya ke stop kontak listrik kemudian ouputnya disalurkan ke perlatan eletronik (komputer, TV, kulkas, AC, dsb). Supaya lebih jelas perhatikan skema pemasangan Automatic Starting Inverator beriku ini.

Stop Kontak dari PLN > Automatic Starting Inverator > Peralatan Elektronik

Untuk satu Automatic Starting Inverator bisa digunakan untuk beberapa alat elektronik dengan cara menambahkan stop kontak pada outputnya. Sebaiknya jangan lebih dari 3 peralatan elektronik dengan komsumsi daya besar.

Cara Membuat Automatic Starting Inverator

Membuat rangkaian Automatic Starting Inverator cukup mudah, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 50.000 – Rp. 60.000 untuk satu rangkaian. Komponen dari rangkaian ini juga sangat mudah didapat di toko peripheral elektronik dimanapun serta hanya membutuhkan skill menyolder saja. Berikut adalah rangkaianAutomatic Starting Inverator yang akan dibuat.
Cara Membuat Automatic Starting InveratorDari gambar rangkaian di atas dapat dilihat bahwa komponen yang dibutuhkan cukup sederhana, yakni beberapa buah Resistor, Kondensator (Capacitor), Dioda (Diode), Elco (Elektrolit Condensator), sakelar dan relay. Tentunya komponen rangkaian tersebut dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan Anda, namun yang paling umum bisa dirubah adalah Resistor 47Ω 15 Watt dan juga Relay 24 V, untuk komponen yang lain usahakan tidak dirubah.

Rangkaian ini menggunakan dudukan PCB Matriks ukuran kecil, karena rangkaian ini terlalu simple dan masih bisa dibuat dengan PCB Matriks. Jika rangkaian sudah kompleks, maka PCB harus diganti dengan PCB Polos. Proses pembuatannya cukup mudah, pasangkan saja komponen-komponen yang dibutuhkan sesuai dengan letaknya seperti pada rangkaian. Gunakan kaki-kaki komponen untuk menghubungkan antar komponen, jika terdapat komponen yang tidak bisa dihubungkan dengan kaki komponen barulah menggunakan kabel kecil kawat tunggal.

Setelah seluruh komponen terpasang dan terhubung, buat input dan output rangkaian. Input rangkaian berada pada AC In, sedangkan output rangkaian berada pada Ke Primer Trafo 220 volt. Anda bisa menggunakan stop kontak atau kotak kontak untuk output, atau bisa juga menggunakan Female jack. Output ini bisa Anda gunakan untuk peralatan listrik yang memiliki arus awal (starting) yang tinggi seperti komputer, TV, kulkas, AC, dsb.

Demikianlah informasi cara mencegah listrik gejlek dengan Automatic Starting Inverator, Anda juga bisa membuat alat ini berdasarkan contoh rangkaian di atas. Jadi silahkan pilih mau beli atau membuat sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.