Cara Memilih Akses Point Ubiquiti Yang Tepat Dengan airLink

Posted on

Menentukan tipe akses point yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar bukanlah perkara gampang. Pasalnya harus mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing alat jaringan. Kalau masalah seperti ini yang jago pasti mereka yang bermain jaringan karena telah mencoba dan menggunakan banyak perangkat.

Namun untuk Anda yang ingin memulai bisnis RT/ RW Net mempelajari jaringan wajib hukumnya. Untuk menjawab permasalahan di atas, Ubiquiti Network selaku perusahaan pembuat alat jaringan juga merilis aplikasi yang bernama airLink.

Link Udara (airLink) adalah web aplikasi untuk mengetahui jenis dan tipe akses point apa saja yang cocok digunakan untuk memancarkan maupun nembak Wifi. Namanya web apliksi untuk membukanya tanpa perlu di install, melainkan harus terhubung dengan internet kemudian mengetik https://link.ubnt.com pada browser.

Cara Kerja airLink

Cara kerja airLink sangat sederhana yaitu dengan melakukan pengukuran jarak antara pemancar (repeater) ke client. Setelah diketahui berapa meter kemudian diukur ketinggian dan kontur tanahnya apakah daerahnya rata, berbukit, dan pegunungan.

airLink bekerja dengan menggunakan rekaman citra satelit yang direkam sebelumnya sehingga tampilannya mirip Google Map. Setelah mengetahui letak repeater dan client maka airLink merekomendasikan tipe akses point yang cocok digunakan di daerah tersebut.

Memilih Akses Point Yang Tepat Untuk Nembak Wifi

1. Buka airLink di sini https://link.ubnt.com
2. Tentukan lokasi client dan repeater, mempercepat pencarian ketik saja alamatnya di pojok kiri atas
airLink UBNT

3. Nanti muncul dari dari titik A ke B, di sebelah kiri ada rekomendasi alat jaringan yang harus digunakan
4. Pilih alat sesuai dengan frekuensi yang dijual provider
5. Tampilan airLink dalam mode satelit
airLink Ubiquiti

6. Melihat kontur permukaan tanah dengan airLink Old.
Melihat kontur tanah dengan airLink

Catatan
Karena airLink milik Ubiquiti Network maka alat yang direkomendasikan adalah produknya. Tips dari Teraa.net belilah yang sesuai dengan kebutuhan, bila ada yang murah dan mumpuni kenapa harus yang mahal. Semua peralatan elektronik ada umur pemakaiannya, ada yang gampang rusak dan mampu bertahan selama bertahun-tahun.

Baca: Mengukur Ketinggian Tanah Dengan Google Eart Untuk Wifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *