Cara Mengubah Terjemahan Film Bahasa Inggris ke Indonesia

Posted on 14 views

Semua film asing yang didapatkan dari hasil download maka terjemahannya tidak include ke dalam bahasa Indonesia, meskipun tersedia subtitle/ terjemahan namun masih menggunakan bahasa asing termasuk bahasa Inggris. Bagi yang lancar bahasa Inggris tentu tidak jadi soal menonton film tanpa bahasa Indonesia. Namun bagi yang tidak bisa bahasa Indonesia melihat film dengan bahasa asing rasanya hambar tanpa mengetahui makna ceritanya, yang ada hanya menduga-duga alur ceritanya seperti apa.

Untuk mendapatkan subtitle/ terjemahan film bisa mengunjungi situs subscense, situs ini merupakan penyedia subtitle film paling lengkap saat ini. Caranya cukup mudah dengan mengetik keyword judul film pada menu pencarian maka sistem akan mencari terjemahan film yang sesuai. Biasanya yang tersedia duluan adalah bahasa Inggris, kemudian bahasa Indonesia. Bila pada situs tersebut tidak menyediakan terjemahan film ke bahasa Indonesia silahkan ubah sendiri menggunakan program Subtile Edit.

Subtitle Edit mampu menerjemahkan subtile bahasa asing ke bahasa Indonesia. Cara menerjemahkannya menggunakan Google Translate yang telah include dengan program Subtitle Edit. File subtitle/ terjemahan menggunakan ekstensi .srt atau .ssa, tergantung dari uploader yang membagikan terjemahan film. Sebenarnya Anda bisa mengubahnya sendiri dengan membuka file .srt menggunakan notepad kemudian menggantinya secara manual ke bahasa Indonesia, namun cara ini teralu ribet dan makan waktu.

Baca: Reset Kamera Sony Cybershot DSC W830 ke Settingan Pabrik

Cara yang paling mudah dengan menggunakan Subtitle Edit, dalam hitungan detik terjemahan film bahasa asing berubah ke bahasa Indonesia. Untuk menerjemahkan harus terhubung ke internet. Langsung saja berikut ini Cara Mengubah Terjemahan Film Bahasa Inggris ke Indonesia.

Cara Mengubah Subtitle Film Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

1. Download dulu programnya Subtitle Edit
2. Ekstrak menggunakan 7Zip, WinRar, atau WinZip maka muncul file installer Subtitle Edit
3. Install ke komputer atau laptop
4. Jalankan Subtitle Edit kemudian buka file .srt terjemahan bahasa Inggris
5. Pilih tab Audio Translate > Translate (Powered by Google)
Pilih Bahasa Indonesia6. Pilih tujuan bahasa, misalnya bahasa Indonesia kemudian pilih Translate
Translate7. Tunggu proses penerjemahan hingga selesai
8. Simpan terjemahan dengan nama file yang sama dengan sebelumnya. Cara termudah silahkan replace saja file .srt yang telah ada
Simpan Terjemahan 9. Sekarang Anda dapat menikmati film asing dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Beberapa permasalahan yang muncul ketika mengubah terjemahan film bahasa asing ke bahasa Indonesia adalah hasilnya terlihat kaku. Tata bahasa dan urutan kata tidak bisa seruntun ketika menerjemahkan secara manual. Hal tersebut sangat wajar karena sistem yang mengubah terjemahan bukan manusia. Meskipun begitu cukup membantu kita untuk memahami makna film dari terjemahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *