Mengusir Cicak

Cara Mengusir Cicak Bahkan Membunuhnya

Posted on

Menurut TERAA.NET, cicak merupakan hewan yang paling menyebalkan setelah tikus karena keberadaannya membuat lantai rumah jadi kotor. Hewan reptil yang merayap di dinding ini masih satu keluarga dengan tokek (gecko), cicak yang ada di Indonesia pada umumnya berwarna cokelat putih, cokelat kehitam-hitaman, dan ada pula yang kulitnya menyerupai kayu atau disebut cicak kayu.

Cicak memang ditakdirkan untuk mengotori rumah karena kotorannya ada dimana-mana seperti di bawah kursi, di sela-sela almari, dan lantai. Entah kenapa hewan yang satu ini tidak mau hidup di luar, dimanapun ada rumah di situ ada cicaknya. Masjid tempat ibadah orang muslim terkadang juga ditemui cicak sehingga bisa membatalkan sholat kalau kotorannya sampai diinjak.

Selain itu cicak sering menghinggapi makanan yang ditaruh tanpa tutup dan terkadang masuk ke dalam gelas yang ada teh atau kopinya. Siapapun orangnya kalau di rumah banyak cicak pasti sebal dan berniat untuk mengusir bahkan membunuhnya. Dalam kajian islam kalau rumah banyak cicak di situ ada setannya.

Kenapa bisa ada setannya karena pernah diriwayatkan cicak hewan perantara setan yang memusuhi dakwah. Dulu saat Nabi Ibrahim AS dilempar hidup-hidup ke dalam kobaran api yang telah disiapkan oleh raja Namrud ada dua hewan yang ikut berperan dalam peristiwa itu yaitu semut dan cicak. Jika semut berpihak pada Nabi Ibrahim AS maka cicak malah berpihak kepada sang raja.

Dalam cerita itu semut dengan susah payah berlari-lari membawa butiran-butiran air yang ada di mulutnya untuk memadamkan kobaran api yang membakar tubuh Nabi Ibrahim AS. Kemudian seekor burung berkata mewakili keheranan semua binatang yang menyaksikan peristiwa tersebut. “Tidak mungkin setetes air yang ada di mulutmu mampu memadamkan kobaran api yang sangat besar itu.” sahut si burung.

Namun kemudian semut menjawab “Memang air ini tidak akan bisa memadamkan api itu, tapi ini kulakukan paling tidak semua akan melihat bahwa aku di pihak yang mana.”

 

Hukum Membunuh Cicak

Hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan), dan dalam tiga kali pukulan, kurang dari itu.” (HR. Muslim)

Hadits di atas adalah dalil dibolehkannya kita untuk membunuh cicak, dengan membunuhnya kita mendapatkan pahala seratus kebaikan. Bahkan tujuh kesalahan kita akan terhapuskan. Cicak adalah binatang yang jahat. Nabi bersabda, “Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi Wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, dan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menamainya dengan nama Fawaisiqo (Binatang jahat)” (HR. Muslim)

Cara membunuh cicak sebisa mungkin sekali bunuh, agar ditulis seratus kebaikan. Imam An-Nawawi dalam kitab Syarah muslim mengatakan, “Para Ulama sepakat bahwa bahwa cicak adalah hewan kecil yang mengganggu.”

 

Seharusnya Cicak Diusir atau Dibunuh?

Setelah membaca hadist tentang cicak sebagai orang muslim bisa memutuskan lebih baik mengusir atau membunuh. Sebaiknya bunuh saja karena akan mendapatkan kebaikan, namun kalau Anda non muslim ada rasa kasian dengan cicak bisa mengusirnya. Untuk itu akan dijelaskan cara mengusir dan membunuh cicak yang suka mengotori rumah Anda.

 

Cara Mengusir dan Membunuh Cicak

Kembali pada topik artikel berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir dan membunuh cicak secara masuk akal dan mungkin dilakukan. Kenapa harus ada kata “masuk akal” karena di luar sana banyak bahasan mengusir cicak dengan cara nyeleneh yang mustahil dilakukan. Setidaknya ada 10 cara untuk membersihkan cicak dari rumah, berikut ini adalah jabarannya:

1. Gunakan Tongkat

Tongkat merupakan senjata ampuh untuk membunuh cicak, semakin panjang tongkatnya maka mampu memukul cicak yang ada di ketinggian. Butuh keahlian khusus supaya berhasil membunuh cicak dengan tongkat, Anda harus fokus dulu pada target kemudian pukul maka InsyaAllah cicak langsung jatuh.

2. Manfaatkan Sendal

Hari gini siapa sih yang tidak punya sendal, pasti setiap orang mempunyainya. Ayo manfaatkan sendal untuk membunuh cicak caranya pukul dengan sendal. Dimensinya yang lebar membuat cicak langsung mati sekali pukul, tentu yang bisa dibunuh dengan sendal cicak yang ada di lantai, kalau di ketinggian gunakan tongkat untuk memukulnya.

3. Semprot Racun Serangga

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan semprot racun serangga seperti Baygon untuk membunuhnya. Syarat supaya bisa disemprot cicak harus dalam jangkauan tangan karena semprotan serangga rata-rata hanya mampu sejauh 1 meter saja. Silahkan semprot sekujur tubuh cicak dalam hitungan detik pasti terbunuh.

4. Tembak Dengan Karet

Memanfaatkan karet gelang untuk membunuh cicak kelihatannya konyol namun kalau benar-benar dilakukan merupakan senjata yang ampuh. Caranya silahkan rangkai beberapa karet gelang menjadi senapan (dalam bahasa Jawanya plinteng) kemudian tarik dan tembakkan pada cicak.

Semakin banyak karet yang dirangkai menjadi plinteng, sekali tembak cicaknya langsung mati. Cocok digunakan untuk membunuh cicak yang ada diketinggian namun dibutuhkan skill menembak yang baik.

5. Pasang Lem Lalat

Tahukah Anda menjebak cicak menggunakan lem lalat sangat ampuh, coba taruh lemnya di bawah meja/ kursi atau tempat-tempat yang sering dilalui cicak. Harga lem lalat ini cukup murah dengan 8 ribu rupiah saja sudah mendapatkan 1 bendel berisi 10 lembar yang siap digunakan untuk menangkap cicak.

Keuntungan memakai lem ini adalah dapat menangkap lalat sekaligus cicak. Lalat merupakan salah satu makanan yang disukai cicak selain semut dan nyamuk, lalat yang telah terjebak dalam lengketnya lem sekaligus sebagai stimulus cicak untuk datang kepadanya.

6. Pasang Plafon Rumah

Sebenarnya cicak tetap bisa menempel di plafon rumah namun dengan memasangnya dapat mengurangi kotoran cicak yang jatuh ke lantai. Bandingkan dengan rumah tanpa plafon maka cicak sering berjalan di kerangka atap dan kotorannya langsung jatuh ke bawah.

Sepertinya hewan yang satu ini ingin mengganggu orang muslim ketika mau beribadah, percaya tidak percaya yang sering dikotori cicak adalah tempat sholat. Tempat lain seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang tamu jarang ditemui cicak.

7. Pasang Keramik di Tembok

Kalau Anda punya tabungan yang cukup coba pasang keramik pada tembok, permukaan keramik yang licin akan menyulitkan cicak merayap sehingga membuatnya tidak betah tinggal di rumah. Selain terhindar dari cicak keuntungan lain memasang keramik di tembok adalah tahan lama daripada cat dan mudah dibersihkan.

Meskipun butuh biaya banyak namun kedepannya sangat menguntungkan daripada sering ganti cat rumah. Kotoran yang menempel di keramik cukup dilap pakai kain halus/ basah sudah hilang. Kalau masih berupa tembok kotorannya menempel pada cat.

8. Pelihara Kucing

Kucing merupakan hewan predator pemakan cicak, bila Anda pusing dengan banyaknya cicak yang ada di rumah maka memelihara kucing merupakan solusi yang tepat. Taruh kucing maka dengan sendirinya akan memburu cicak dan memakannya satu persatu.

9. Jaga Kebersihan Rumah

Cicak suka hidup di rumah yang kotor, berserakan, atau banyak sisa-sisa makanan yang tidak langsung dibersihkan pemilih rumah. Supaya terhidar dari cicak coba bersihkan rumah secara rutin dengan begitu cicak merasa tidak betah tinggal di rumah dan kabur.

10. Tingkatkan Beribadah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa riwayatnya cicak merupakan hewan yang ditunggangi setan untuk itu tingkatnya iman supaya terhindar dari cicak. Kalau Anda menemukan kotoran di tempat sallat maka segera bersihkan dan gunakan untuk sallat.

Baca: Cara Ampuh Mengusir dan Membunuh Tikus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.