Memperbaiki Mousepad Laptop Yang Error atau Sulit Digerakkan

Posted on 12 views

Kerusakan mousepad laptop yang sering terjadi adalah tidak bisa digerakkan, bisa bergerak namun arahnya tak beraturan, dan atau gerakan kursornya lambat. Bila dilaptop Anda bermasalah seperti yang dijelaskan tersebut kemungkinan ada 2 yaitu error atau memang benar-benar telah rusak.

Jangan buru-buru membawanya ke tukang servis, mari perbaiki sendiri sesuai petunjuk yang diberikan TERAA.NET, namun sebelum menuju tahap pembahasan alangkah baiknya kita pahami dulu penyebab kerusakan/ error pada mosepad laptop. Disebut mousepad karena terdiri dari gabungan mouse dan papannya yang dapat digerakkan menggunakan tangan.

Penyebab utama kenapa kursor sulit digerakkan bisa dikarenakan drivernya belum terinstall setelah install ulang Windows sehingga perlu mengupdatenya. Bila masalah driver sudah beres kemudian kursor tak kunjung normal kemungkinan kerusakan pada mousepadnya, coba ingat-ingat kembali apakah laptop Anda pernah kena tumpahan air yang masuk ke dalam mousepad?

Bila iya, air yang masuk dapat menyebabkan konsleting yang mengakibatkan kursornya sulit digerakkan atau tak beraturan. Untuk membedakan dengan kursor normal coba gunakan mouse tambahan yang terhubung dengan port USB, pasti beda jauh perbedaannya. Baiklah berikut ini cara memperbaiki error pada mousepad laptop, baca penjelasannya sampai habis.

 

Cara Mengatasi Kursor Komputer Yang Error, Jalan Sendiri, Tidak Bisa Digerakkan

 

Langkah I – Atur Mouse Propertis Untuk Mengatur Kecepatan Kursor

1. Buka Control Panel kemudian pilih Mouse
2. Pilih tab Buttons > Double Click Speed, atur kecepatan dengan menggeser ke kanan dan ke kiri untuk melambatkan gerakkan kursor

3. Simpan perubahan dengan klik Apply
4. Selain itu maksimalkan gerakan pointer dengan memilih tab Pointer Options kemudian atur Motion, Snap to, dan Visibility.

 

Langka II – Update Synaptics Touchpad Driver

Kelalaian setelah install ulang Windows biasanya tidak menginstall Synaptics Touchpad Driver karena drivernya hilang atau sulit mendownload dari official website masing-masing pabrikan laptop. Berikut ini ada cara mudah update driver mousepad laptop dari Device Manager.
1. Hubungkan laptop dengan internet
2. Klik kanan My Computer/ This PC > Propertis
3. Cari ico muse, klik kanan Update Driver

4. Tunggu proses update hingga selesai kemudian restart laptop.

 

Langkah III – Bawa ke Tukang Service

Bila telah mencoba cara pertama dan kedua gagal kemungkinan kerusakan pada hardware mousepad, sebenarnya kalau berani bongkar sendiri Anda bisa beli sparepart dulu di toko online sesuai seri laptop Anda kemudian di pasang. Namun kalau masih ragu salah beli dan tidak bisa masang sebaiknya serahkan pada ahlinya yaitu tukang service.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.