bagus nvidia atau amd

Pilih Graphic Card NVIDIA atau AMD? Bagus NVIDIA atau AMD?

Posted on 23 views

Produsen pembuat graphic card atau kartu grafis (VGA) di dunia ini cuma ada 2 yaitu NVIDIA dan AMD. Keduanya bersaing ketat memproduksi graphic card canggih untuk kebutuhan content creator, desain grafis, animasi, dan gamer. Baik NVIDIA maupun AMD mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga sulit memilih yang mana. Apakah bagus NVIDIA atau AMD? dan begitu juga sebaliknya, untuk mencari jawabannya simak penjelasan berikut ini.

Sejak dulu NVDIA fokus pada graphic card sedangkan AMD terpecah menjadi 2 yaitu prosesor dan graphic card. Selain menjadi saingannya NVIDIA, AMD juga bersaing dengan Intel sehingga mengembangkan prosesor dengan graphic card terintegrasi.

Intel memproduksi prosesor untuk semua pengguna baik pengguna personal maupun kantoran, namun dengan dana terbatas AMD hadir memenuhi kebutuhan kantoran dengan prosesor terintegrasi graphic card. Pengusaha warnet dengan dana terbatas juga memilih AMD ketimbang Intel sehingga keduanya mempunyai pangsa pasar masing-masing.

Semenjak lahirnya Ryzen, AMD memberikan 2 opsi menggunakan prosesor tanpa graphic card atau yang terintegrasi. Artinya pengguna komputer yang menginginkan perfoma lebih bisa membeli prosesor murni dan menggunakan graphic card tersendiri.

NVIDIA telah memproduksi graphic card mulai tahun 1993, melengkapi prosesor Intel untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Pada saat itu kalau ngomongin graphic card pasti orang melirik NVIDIA, sedangkan graphic card AMD baru populer belakangan ini.

 

Banyak Aplikasi Yang Dikembangkan Untuk NVIDIA

Hanya sedikit orang yang paham bahwa aplikasi itu pada dasarnya dikembangkan untuk bekerja menggunakan CPU/ Prosesor atau Graphic Card/ GPU. Seperti Adobe Premiere yang menggunakan base Cuda Core milik NVIDIA dan game Counter Strike menggunakan base prosesor.

Rendering video dengan Adobe Premiere prosesnya lebih cepat ketika menggunakan graphic card NVIDIA ketimbang AMD meskipun menggunakan yang paling canggih sekalipun. Penyebabnya adalah karena bekerja menggunakan base Cuda Core sehingga graphic card AMD ada jeda untuk menerjemahkan perintah yang diberikan prosesor.

Game Counter Strike menggunakan base CPU makanya tanpa menggunakan graphic card/ VGA discrete dapat berjalan lancar dengan FPS tinggi. Ada juga game yang dulunya menggunakan base CPU kemudian bahasa pemrogramannya ditulis ulang supaya bisa berjalan menggunakan CPU dan Graphic Card yaitu GTA V.

 

Developer Aplikasi Malas Menulis Ulang Kode Pemrogramannya

Pada awal kemunculan Adobe Premiere, graphic card yang populer saat itu adalah NVIDIA sehingga developer menulis kode pemrogramannya untuk bekerja menggunakan Cuda Core. Seiring berjalannya waktu, NVIDIA terus merilis graphic card canggih dan developer aplikasi tinggal meneruskan atau mengedit kode pemrograman yang telah ada.

Sebenarnya developer bisa menulis ulang supaya berjalan lancar di graphic card AMD, tapi butuh waktu lama sehingga dibuatlah patch untuk mengurangi error di AMD. Dalam hal ini bisa disimpulkan juga antara developer dan produsen graphic card semacam bisnis yang saling menguntungkan untuk melawan kompetitornya.

 

Graphic Card AMD Unggul Dalam Dukungan Monitor

Tidak bisa dipungkiri kalau kubu hijau memang sedikit unggul dibanding kubu merah, namun kalau bicara soal dukungan monitor AMD lebih unggul. Teknologi FreeSync milik AMD telah menjalin kerja sama dengan produsen monitor untuk membuat monitor yang support FreeSync.

Teknologi FreeSync hadir untuk menyaingi G-Sync milik NVIDIA, bedanya kalau milik AMD ini gratis sedangkan milik NVIDIA berbayar. Karena gratis inilah banyak produsen monitor yang mengaplikasikan FreeSync di monitor buatannya.

FreeSync bekerja dengan menyeimbangkan output graphic card AMD dengan monitor sehingga gambar yang tampil bisa berjalan mulus.

Baca: Pengertian AMD FreeSync Serta Pengaruhnya Terhadap Gambar
Baca: Mengenal Teknologi G-Sync Dari NVIDIA

 

NVIDIA Lebih Irit Dari AMD

Hingga saat ini pengembangan NVIDIA lebih unggul dari AMD soal urusan daya sehingga orang banyak memilih NVIDIA. Dengan Power Supply di bawah 500 watt bisa menjalankan graphic card NVIDIA sedangkan untuk graphic card AMD harus menggunakan Power Supply 800 watt ke atas.

 

Bagus NVIDIA atau AMD?

Di atas telah dijelaskan secara detail mengenai graphic card NVIDIA dan AMD, karena dukungan developer lebih banyak yang ke NVIDIA maka membuatnya unggul dari AMD. Meskipun begitu bukan berarti graphic card AMD jelek, namun butuh dukungan aplikasi untuk mengeksplor kemampuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.