Perbedaan Aplikasi Software Program

Perbedaan Program, Aplikasi, dan Software Secara Lengkap

Posted on

Mempelajari perbedaan program, aplikasi, dan software memang cukup menarik terutama untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang perangkat lunak. Tanpa mempelajarinya pasti beranggapan kalau ketiga istilah tersebut artinya sama padahal kalau dikaji lebih jauh pasti ada perbedaannya.

Cara mengetahui perbedaan program, aplikasi, dan software adalah dengan memahami pengertiannya. Setelah itu baru bisa ditarik kesimpulan mengenai perbedannya. Namun sebelum menuju pada tahap pembahasan mari simak dulu penggunaan kata program, aplikasi, dan software yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut ini.

Ini komputer programnya apa saja bro?

Aplikasi edit video yang enak untuk pemula apa ya?

Mbak, laptopnya mau dipasang software original atau yang bajakan? kalau original harganya lumayan mahal lho…

Pertanyaannya adalah apakah penggunaan kata program, aplikasi, dan software pada contoh tersebut sudah tepat? untuk menjawabnya mari pahami dulu pengertiannya.

Pengertian Program, Aplikasi, dan Software

Arti Program

Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Komputer membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor komputer.

Arti Aplikasi

Aplikasi adalah subkelas dari software yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Aplikasi dirancang lebih spesifik dan berinteraksi langsung dengan suatu pekerjaan penggunanya. Serta aplikasi bisa hanya diciptakan secara khusus untuk sistem operasi tertentu maupun juga untuk semua sistem operasi atau biasa disebut dengan Cross Platform.

Arti Software

Software adalah perangkat lunak yang bekerja pada suatu sistem untuk mengolah berbagai data dalam bentuk digital yang kemudian memprosesnya sebelum di kirimkan ke perangkat yang lain. Software juga mengacu pada suatu program atau berbagai data yang tersimpan di komputer. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur dan algoritma yang penggunaannya berkaitan erat dengan sistem pengolahan data.

Software sendiri dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu perangkat lunak tertulis, perangkat lunak suatu aplikasi dan juga perangkat lunak berplatform contohnya seperti sistem operasi Windows, Linux dan lain sebagainya. Software berfungsi untuk mengolah suatu perintah yang dikehendaki oleh penggunanya yang bersifat menyeluruh dalam suatu sistem komputer.

Perbedaan Program, Aplikasi, dan Sofware

Berdasarkan penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa perbedaannya terletak pada cakupan pemakaian istilah berdasarkan pengertiannya. Kalau diurutkan mulai dari yang luas hingga cakupan terkecil adalah sebagai berikut: Software – program – aplikasi.

Program, aplikasi, dan software merupakan perangkat lunak yang bisa dijalankan bila ada hardware (perangkat keras). Hubungan antara software dan hardware merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan dalam sistem komputer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.