prosesor AMD tanpa GPU

Mengenal Prosesor AMD Tanpa GPU (VGA Card)

Posted on 23 views

Mengenal prosesor AMD tanpa GPU merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Macam-Macam Prosesor Intel Tanpa GPU Terintegrasi. Baik AMD maupun Intel, sama-sama telah menyematkan GPU di dalam prosesor yang disebut Radeon dan Intel HD.

Soal GPU terintegrasi jagonya adalah AMD, bahkan kemampuannya bisa menyamai VGA Discreate low end yang ditancapkan pada slot PCI-e. Karena alasan inilah prosesor AMD banyak diburu para pengusaha warnet untuk membangun PC gaming terjangkau dan disukai para gamer dengan dana terbatas.

Selain menjalankan fungsi untuk berfikir, prosesor tersebut juga ditugaskan untuk menampilkan gambar melalui port display yang ada di motherboard. Skemanya adalah 1 prosesor yang terdiri dari chip prosesor itu sendiri dan chip untuk GPU terintegrasi.

Bila kurang puas dengan GPU bawaan, pengguna AMD bisa menambahkan VGA Card sendiri dengan harga yang cukup mahal. Karena bila murah, kemampuannya sama dengan GPU bawaan AMD.

Baca: Cara Menurunkan Suhu Prosesor Dengan Mengganti Fan CPU Cooler

Sebelum memutuskan untuk membeli prosesor AMD, sebaiknya pikirkan dulu mulai sekarang. Pertimbangkan apakah Anda ingin menggunakan VGA Discreate atau membelinya sendiri, bila ada niatan untuk pakai VGA sendiri sebaiknya pilih prosesor tanpa GPU.

Untuk menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan prosesornya 100% untuk mikir dan urusan gambar diserahkan pada VGA tambahan maka dirilislah prosesor tanpa GPU.

 

Murni Hanya Prosesor

Pertanyaannya adalah prosesor AMD tanpa GPU itu yang seperti apa? bagaimana cara mengenali dan membaca kodenya? berikut adalah penjelasannya.

AMD cenderung menggunakan kode belakang FX, X, dan XT pada prosesornya seperti AMD FX 8300, AMD Ryzen 5 3500X, dan AMD Ryzen 5 3600XT. Semunya prosesor AMD yang di belakangnya terdapat kode yang disebutkan tadi menggunakan GPU sedangkan yang tanpa kode seperti Ryzen 5 2600 tanpa menggunakan GPU.

Baca: Mengenal Prosesor Intel Tanpa GPU (VGA Card)

 

Harga Lebih Terjangkau Daripada Yang Menggunakan GPU

Prosesor AMD tanpa GPU harganya cukup terjangkau atau lebih murah daripada yang menggunakan GPU. Prosesor ini di dalamnya hanya terdiri chip prosesor yang digunakan untuk full berfikir, tidak terbagi sama gambar.

Tentu hal ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakan VGA Discreatre dengan kemampuan melebihi GPU terintegrasi AMD Ryzen.

 

Kenapa Pabrikan Berani Membuat Prosesor Tanpa GPU

AMD maupun Intel membuat prosesor tanpa GPU untuk kalangan profesional, bukan pengguna kantoran yang bekerja menggunakan Office. Orang yang berani membelinya tentu mempunyai tujuan lebih seperti editing video, gaming, dan programming.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.