satuan jumlah

Satuan Jumlah Barang Kodi, Gross, Lusin, dan RIM

Posted on 175 views

Dalam jual beli tentu Anda pernah mendengar istilah kodi, gross, lusin, dan rim yang merupakan satuan jumlah barang. Dari beberapa istilah tersebut mungkin ada yang belum tahu artinya, bahkan tidak tahu sama sekali. Bagi yang sudah tahu berarti sering melakukan transaksi jual beli barang dalam jumlah banyak. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan satuan jumlah barang kodi, gross, lusin, dan rim untuk menjawab ketidaktahuan Anda tentang satuan jumlah barang.

Dari ke-4 istilah tersebut yang mudah dimengerti adalah lusin dan rim karena selalu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari seperti beli celana bayi 1 lusin dan kertas 1 rim. Untuk satuan lainnya seperti kodi dan gross masih banyak yang belum tahu.

Setelah mengetahui jumlah barang dari masing-masing satuan nanti bisa mengkonversi dari satuan tersebut. Misalnya 1 kodi berapa lusin dan 1 kodi berapa gross. Jika mengkonversi dari satuan yang lebih tinggi ke yang lebih rendah misalnya dari lusin ke buah maka harus mengalikannya. Sebaliknya, jika dari rendah ke tinggi maka harus dikalikan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Baca: Ukuran Tanah, 1 Ru Berapa Meter Persegi?

 

Pengertian Satuan Jumlah

Satuan jumlah adalah satuan yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah barang. Satuan jumlah yang umum digunakan adalah buah, sebenarnya masih banyak satuan-satuan lain yang bisa digunakan.

Sedangkan konversi satuan berat adalah mengubah jumlah atau satuan jumlah pada satuan yang satu kesatuan yang lainnya misalnya mengubah satuan buah ke satuan lusin atau sebaliknya.

 

Konversi Satuan Buah

Berikut beberapa konversi dalam satuan jumlah

1 lusin = 12 buah
1 kodi = 20 buah
1 gross = 12 lusin
1 gross = 144 buah
1 rim = 25 kodi
1 rim = 500 lembar.

Hitungannya

1 kodi = ? Lusin
1 kodi = 20 buah
1 kodi = 20/12 lusin
1 kodi = 5/3 lusin
1 kodi = 1 2/3 lusin.

Atau dalam bentuk sederhananya

1 2/3 lusin = 1 lusin (2/3 x 12 buah)
1 2/3 lusin = 1 lusin 8 buah

Jadi, 1 kodi sama dengan 1 2/3 lusin atau 1 lusin 8 buah.

 

Satuan Jumlah (Lainnya), 1 Jinah berapa buah?

Selain yang telah disebutkan di atas masih ada satuan jumlah yang sering diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari yaitu jinah. “Misalnya beli sate 1 jinah (sejinah) berapa?”

1 Jinah = 10

Beli sate 1 jinah akan mendapatkan 10 tusuk sate, beli 2 jinah 20 tusuk, dan begitu seterusnya.

Baca: 1 Galon Berapa Liter?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.