Merek Micro SD Card Terbaik Tahun 2019

Posted on

Micro SD Card adalah komponen yang harus terpasang di smartphone Android dan iPhone sebagai media penyimpanan data. Selain untuk smartphone bisa juga digunakan untuk beberapa device lain seperti kamera digital, drone, dan mp3 player. Sesuai dengan pengertiannya, Micro SD adalah kartu memory yang dikembangkan oleh SD Card Association untuk perangkat portable.

Portable artinya mudah berpindah-pindah atau dibawa kemana-mana sehingga ukuran kartu ini kecil sekali dan besarnya seukuran dengan SIM Card. Lawan dari portable adalah statis (tetap), contoh media ini adalah harddisk pada komputer.

Smartphone tanpa menggunakan Micro SD Card sebenarnya bisa karena telah dilengkapi memory internal yang cukup namun bila tidak ada Micro SD Card maka default penyimpanan ada di memory internal. Akibatnya bila sewaktu-waktu androidnya error dan mengharuskan reset pabrik/ flashing maka data ikutan terhapus.

Untuk menghindari kehilangan data sebaiknya gunakan Micro SD Card sebagai default penyimpanannya. Data yang tersimpan akan aman meskipun terjadi error pada sistem operasi Android.

Bicara tentang Micro SD Card ternyata ada beberapa merek dan jenis produk yang menentukan terbaik atau tidak. Memilih Micro SD Card terbaik berlaku seperti hukum ekonomi, ada uang ada barang. Yang mahal memang spesifikasinya lebih tinggi dan tentunya awet.

Beberapa poin yang harus diperhatikan ketika memilih Micro SD Card yaitu merek, kecepatan transfer data, dan masa garansi yang diberikan pabrikan. Kesalahan bagi calon pembeli adalah tidak mengetahui seluk-beluk Micro SD Card itu seperti apa, misalnya menganggap kalau sudah Class 10 itu yang terbaik padahal indikatornya bukan itu.

12 Merek SD Card Terbaik Untuk Perangkat Portbale

1. SD Card Kingston

Hari gini siapa yang tidak tahu Kingston? pasti Anda memakai produknya bukan? bila belum segera beli Micro SD Card Kingston untuk perangkat portable Anda hehe.

Kingston memberikan nilai tambah tersendiri untuk mendapatkan kepercayaan publik dengan garansi seumur hidup (lifetime warranty) seperti yang diterapkan pada USB Flashdisk dan Memory RAM.

Kingston memproduksi Micro SD Card baru-baru ini saja, meski begitu produknya cukup menyita perhatian orang diseluruh dunia karena terkenal akan keawetannya. Membaca kebutuhan pasar akan besarnya permintaan kartu memory membuat Kingston memanfaatkan peluang emas ini dengan membuat Micro SD Card.

Variannya adalah Micro SD Card Kingston Class 4, Canvast Select, Canvas Go, Canvas React, High Endurance, Industrial, Mobility Kit. Informasi selengkapnya mengenai spesifikasi masing-masing varian silahkan buka websitenya Kingston.

2. SD Card Samsung

Samsung adalah perusahan asal Kore Selatan yang membuat berbagai perangkat elektronik seperti TV, laptop, smartphone, prosesor, dan Micro SD Card. Bisa dikatakan semua kebutuhan elektronik yang berkaitan dengan rumah tangga dan perangkat mobile dibuat oleh Samsung.

Yang menjadi perhatian di sini adalah Micro SD Card buatan Samsung. Jujur di Indonesia sendiri masih jarang ditemui toko offline yang menjual Micro SD Card Samsung, yang ada hanya Sandisk dan V-Gen saja. Kalau di toko online sudah banyak yang jual seperti Jakartanotebook dan Bukalapak.

Micro SD Card Samsung ini cukup menghipnotis calon pembeli karena harganya murah tetapi bukan murahan. Spesifikasi yang ditawarkan oleh Samsung dengan harga yang sama jauh mengungguli para kompetitornya. Kalau nggak percaya silahkan cek sendiri di internet ya.

Hingga ditulisnya artikel ini varian Micro SD Card Samsung ada 4 yaitu Samsung Pro, Samsung Pro+, Samsung Evo, Samsung Evo+. Kalau mengingat namanya seperti varian pada SSD Komputer yang dijual Samsung. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi Samsung Memory Card.

3. SD Card V-Gen

Semua Micro SD Card yang dibahas ini buatan luar negeri kecuali untuk V-Gen. Ini produk buatan dalam negeri yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. V-Gen merupakan pemain lama dibidang kartu memory yang produknya banyak dipakai oleh orang Indonesia.

Pada awalnya V-Gen hanya fokus membuat kartu memory saja namun kini telah melebarkan sayap membuat periferal komputer seperti Memory RAM dan SSD. TERAA.NET mempunyai pengalaman sendiri ketika menggunakan Micro SD Card V-Gen, dulu dibeli tahun 2012 hingga kini tahun 2019 masih berjalan lancar.

Varian terbaru Micro SD Card dari V-Gen adalah Hyper Series, Turbo Series. Informasi selengkapnya silahkan Anda buka pada official website V-Gen.

4. SD Card Sandisk

Micro SD Card yang banyak ditemui di toko hape adalah Sandisk. Uniknya banyak penjual merekomendasikan merek ini sebagai Micro SD Card terbaik bila dibandingkan V-Gen dan ADATA. Apakah Micro SD Card Sandisk terbaik dan awet? tentu Anda mempunyai pengalaman sendiri ketika menggunakannya.

Sama halnya dengan V-Gen, Sandisk juga merupakan pemain lama dibidang kartu penyimpanan ini. Pengalaman selama puluhan tahun menciptakan Micro SD Card membuatnya mengeluarkan produk terbaik untuk konsumen. Kualitas dijawab dengan banyaknya orang memakai Micro SD Card Sandisk pada perangkat portablenya.

Varian Micro SD Card ini banyak sekali diantaranya adalah Sandisk Extrem Pro, Sandisk Extreme Plus, Sandisk Hig Endurance, Sandisk Ultra, dan Sandisk Ultra Plus.

5. SD Card Sony

Sony belum lama ini telah mengumumkan sebuah produk SD card terkuat dan tercepat yang pernah dibuat. Dikenal dengan sebutan Sony Tough, kartu memory ini telah menggunakan teknologi UHS-II untuk mendukung proses transfer data yang cepat.

Perbedaan signifikan yang bisa dilihat dari tampilan fisik SD card Sony terbaru ini adalah desainnya. Produk ini telah menggunakan desain rib-less serta menghilangkan tuas proteksi data. Hal ini dilakukan karena umumnya kerusakan pada SD Card sering terjadi pada bagian tersebut.

Dengan memakai gaya desain tersebut, Sony mengatakan bahwa SDĀ card terbarunya akan memiliki ketangguhan yang lebih baik ketimbang produk lainnya. Selain itu, desain yang diusung juga membuat kartu memory punya lebih kuat untuk dibengkokan.

Micro SD Card Sony menawarkan kecepatan yang mengagumkan hingga 300 MB/s, cukup cepat bila dibandingkan milik kompetitor yang maksimal rata-rata hingga 100 MB/s.

6. SD Card Strontium

Strontium menawarkan Micro SD Card dengan kapasitas yang mengesankan mulai dari 2 GB hingga 256 GB sebagai penyimpanan eksternal pada perangkat portable. Data yang tersimpan pada kartu memory ini berkualitas tinggi sehingga jarang terjadi corrupt.

Varian Micro SD Card tertinggi dari Strontium adalah Nitro A1 dengan kecepatan baca hingga 100 MB/s. Setiap paket pembelian Micro SD Card Strontium mendapatkan adapter, lumayan kan daripada beli sendiri secara terpisah.

Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena Strontium berani memberikan garansi seumur hidup (lifetime warranty) pada Micro SD dan 1 tahun untuk adapternya. Informasi selengkapnya mengenai Micro SD Card ini silahkan buka di website Strontium Mobile Memory Cards.

7. SD Card ADATA

ADATA salah satu produsen media penyimpanan ternama telah mengumumkan dua Memory SD Card terbarunya. Kedua memory ini masuk dalam kategori industrial storage dengan kelebihan khusus yaitu ketahanan terhadap lingkungan penggunaan yang keras. Keduanya dibekali dengan 3D MLC NAND sebagai basis penyimpanan datanya.

Dua Memory SD Card yang diperkenalkan oleh ADATA ini adalah ISDD336 dan IUDD336. ISDD336 mengusung wujud sebuah SD Card, sementara IUDD366 mengusung bentuk sebuah Micro SD. ADATA menyebutkan bahwa keduanya memiliki ketahanan lebih terhadap suhu tinggi serta toleransi yang lebih baik terhadap guncangan, getaran dan kelembaban.

8. SD Card Team

Teamgroup juga mempunyai Micro SD Card, varian yang mudah ditemui di pasaran adalah ELITE A1 U3 MicroSD CARD dan XTREEM Micro SDXC UHS-II U3 MicroSD CARD. Selain kedua varian tersebut masih banyak lagi dan bisa Anda cek di Teamgroup.

Produk buatan Teamgroup terkenal akan murahnya sehingga selalu dijadikan solusi alternatif untuk membeli perangkat elektronik dengan dana terjangkau namun mendapatkan spesifikasi yang mumpuni.

9. SD Card Toshiba

Pamor Toshiba belakangan ini menurun drastis, bila dulu terkenal akan laptopnya sekarang sepi sekali. Tidak ingin bisnisnya gagal akhirnya Toshiba mengembangkan sayap dengan memproduksi Micro SD Card. Permintaan kartu memory ini cukup meningkat seiring bertambahnya pengguna smartphone Android dan iPhone.

Toshiba menjual Micro SD Card mulai dari kapasitas 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Garansi yang ditawarkan cukup panjang yaitu 5 tahun, bila Anda membeli kemudian rusak sebelum garansi habis silahkan klaim maka akan diganti dengan Micro SD Card yang baru.

Penasaran ingin tahu varian Micro SD Card Toshiba? silahkan chek di Toshiba Memory.

10. SD Card Transcend

Transcend menawarkan Micro SD Card dengan dukungan teknologi UHS-I (Ultra High Speed Class 1) hingga Class 10. Kartu memori ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik bagi Anda. Kemampuan transfer data yang dihasilkan cukup cepat sehingga memudahkan Anda membuka file yang tersimpan pada Micro SD Card tanpa loading.

Tersedianya adapter pada Micro SD Card Transcend memudahkan Anda untuk terhubung ke perangkat lain seperti kamera digital atau video recorder. Yang suka bikin vlog direkomendasikan memakai Micro SD Card Transcend karena cocok digunakan untuk merekam video berkualitas tinggi Full HD.

Varian Micro SD Card Transcend diantaranya adalah Hight Perfomance, Hight Endurance, dan Premium. Masing-masing varian memiliki kapasitas yang beragam serta kecepatan read and write yang bervariasi.

11. SD Card PNY

Micro SD Card yang jarang dikenal orang Indonesia adalah PNY, meski begitu banyak sekali yang mengulasnya karena telah terbukti kecepatan transfer datanya dan memiliki durabilitas yang tinggi.

Dapatkan performa transfer data yang lebih cepat untuk foto, aplikasi dan video Full HD dari perangkat smartphone Anda. Memory Card PNY merupakan perangkat penyimpanan yang sempurna untuk smartphone dan tablet Android terbaru dengan performa tinggi.

Beberapa variannya adalah Micro SD Card Elite X, Pro Elite, Elite Perfomance, dan High Perfomance. Selengkapnya silahkan Anda buka di PNY Flash Memory Cards.

12. SD Card Winfos

Dipenghujung artikel ini ada Micro SD Card Winfos yang bisa Anda coba diaplikasikan pada perangkat portable Anda. Kartu memory ini mudah ditemui di beberapa toko online dengan harga yang cukup terjangkau.

Bisa dikatakan Winfos merupakan yang pertama kali membuat adapter Micro SDHC menjadi Flash Drive USB 2.0 dengan Winfos Vienna Card Reader ini. Tidak memerlukan software untuk menjalankannya, cukup mencolok Micro SDHC ke Winfos dan dalam sekejap Flash Drive akan bekerja di komputer manapun.

2 thoughts on “Merek Micro SD Card Terbaik Tahun 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.