Zakat Online

Tempat Bayar Zakat Online Terpercaya

Posted on 26 views

Situs bayar zakat online lahir bukan untuk menggantikan zakat offline yang dilakukan secara manual, namun sebagai pelengkap metode pembayaran zakat. Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia, sama halnya dengan zakat online dimana orang diberi kemudahan dalam membayar zakat.

Dengan duduk santai dari rumah, sekarang orang bisa bayar zakat dengan membuka smartphone. Cukup efisien waktu dan tenaga sehingga banyak yang menginginkan bayar zakat online. Anda dapat memilih beberapa situs terpercaya yang benar-benar menangani zakat sehingga sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkannya.

Namanya saja zakat online, tentu masih ada sebagian orang yang khawatir kalau zakatnya tidak sampai. Untuk itu TERAA.NET akan memberikan rekomendasi tempat pembayan online yang terpercaya. Sekarang kuatkan niat Anda untuk zakat pasti mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Menurut Ust. Zul Ashfi, S.S.I, LC “Online itu hanya transportasi kilat (cara bayar yang lebih cepat) dari muzakki kepada mustahik atau melalui amil. Selama tidak lupa mengucapkan niat zakat dalam hati, maka zakat itu dianggap sah“.

 

Pengertian Zakat

Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah. Zakat termasuk rukun Islam ke-4 dan menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan syariat Islam.

 

Jenis-Jenis Zakat

Pada dasarnya zakat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ke-2 zakat tersebut.

1. Zakat Fitrah – adalah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau pada bulan Ramadan. Zakat fitrah dapat dibayar dengan setara 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok dari daerah yang bersangkutan. Makanan pokok di Indonesia adalah nasi, maka yang dapat dijadikan sebagai zakat adalah berupa beras.

2. Zakat Maal (Harta) – adalah zakat penghasilan seperti hasil pertanian, hasil pertambangan, hasil laut, hasil perniagaan, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis penghasilan memiliki perhitungannya sendiri.

Baca: Menghitung Zakat Lebih Mudah Dengan Kalkulator Zakat Online

 

5 Situs Bayar Zakat Online Paling Terpercaya

 

1. Badan Amil Zakat Nasional

Di urutan pertama ada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai tempat bayar zakat online. Situs yang dikelola oleh pemerintah ini memudahkan Anda untuk bayar zakat penghasilan dan zakat maal karena telah disediakan menunya. Selain itu juga tersedia kalkulator zakat untuk menghitung seberapa besar zakat yang harus dibayar.

Tertarik ingin bayar zakat online silahkan buka Baznas kemudian pilih jenis zakatnya. Kemudian Anda diminta untuk menyebutkan jenis dana, memilih jenis zakat, mengisi nama lengkap, email, dan nomor handphone. Terakhir adalah proses membayar zakatnya.

 

2. Dompet Dhuafa

Rekomendasi tempat bayar zakat online selanjutnya ada Dompet Dhuafa, situs organisasi yang dikelola oleh tim Digital Dompet Dhuafa dan Dewan Syariah Dompet Dhuafa. Keuntungan membayar zakat di sini adalah tersedianya beragam pilihan rekening bank dan metode pembayaran lain seperti LinkAja, DANA, dan OVO.

Tampilan kalkulator zakatnya sangat sederhana sehingga memudahkan orang dalam menghitung zakat. Kalkulator ini dapat Anda temukan di Pilihan Donasi kemudian pilih Zakat.

 

3. Global Zakat

Selanjutnya ada Global Zakat yang dapat Anda manfaatkan untuk membayar zakat fitrah dan zakat maal. Cocok sekali diaplikasikan pada bulan ramadhan untuk bayar zakat fitrah online, selain itu juga tersedia menu untuk pembayaran zakat profesi, zakat peternakan dan pertanian, zakat perniagaan, dan zakat hadiah.

Jika dibandingkan dengan situs pembayaran zakat lainnya, Global Zakat merupakan yang paling lengkap karena zakat maal diklasifikasikan lagi ke dalam beberapa sub kategori untuk memudahkan orang bayar zakat online.

 

4. Rumah Zakat

Berikutnya ada Rumah Zakat sebagai lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Anda dapat membuka Rumah Zakat untuk membayar zakat online dari rumah. Bingung ingin menghitung berapa besar zakat yang harus dibayar? Rumah Zakat juga menyediakan kalkulator zakat untuk menghitung zakat tabungan, zakat perdagangan, zakat emas, dan zakat tabungan.

 

5. Bayar Zakat di Tokopedia, Bukalapak, Shopee

Beberapa martketplace di Indonesia juga berperan aktif dalam zakat, buktinya mereka mengeluarkan produk pembayaran zakat seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Hasil bayar pajak online ini nantinya akan diteruskan ke beberapa partner zakat seperti Baznas dan Dompet Dhuafa.

Bayar zakar melalui Tokopedia

Cara bayarnya mudah sekali, tinggal buka salah satu situs marketplace atau dengan menjalankan aplikasi Android kemudian masuk ke menu zakat. Pilih jenis zakat yang Anda inginkan kemudian transfer pembayaran zakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.