Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri Dengan Mudah

Posted on

Inilah yang membedakan WhatsApp dengan aplikasi instant message lainnya seperti Line dan BBM yang ada stickernya. Sepertinya pengembang sengaja tidak menambahkan fitur sticker untuk menjaga performa WhatsApp tetap ringan dan enak untuk bertukar pesan. Yang ada pada WhatsApp hanyalah icon kecil-kecil yang terletak di bawah papan ketiknya.

Namun dengan adanya aplikasi Personal Sticker for WhatsApp kini pengguna bisa mengirim sticker sepuasnya. Anda bisa membuat sticker sendiri dari logo atau foto Anda dan kalau tidak mau ribet tinggal download saja di Google dengan keyword “sticker png”. Kenapa harus png? karena untuk mendapatkan background transparan harus disimpan dalam format Portable Network Graphic (png). Sebelum menuju tahap pembahasan sebaiknya download dulu aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat sticker, berikut ini adalah penjelasannya.

Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sticker WhatsApp

1. Personal Sticker for WhatsApp

Fungsi dari aplikasi Personal Sticker for WhatsApp adalah untuk menampilkan opsi kiriman sticker pada chat WhatsApp. Syaratnya Anda harus mempunyai sticker sendiri yang bisa didownload langsung dari internet atau membuat sendiri menggunakan Background Eraser.

2. Background Eraser

Aplikasi ini tersedia untuk platform mobile Android, jadi bila Anda ingin membuat sticker sendiri menggunakan smartphone Android maka Background Eraser wajib terintstall. Tersedia 2 tipe eraser yaitu magic dan manual, mode magic untuk menghilangkan background pada gambar yang lekukannya sedikit sedangkan manual untuk gambar yang banyak lekukannya seperti rambut.

Gambar yang berhasil dihilangkan backgroundnya maka disimpan dalam format dot.png, kalau dot.jpeg background tidak bisa transparan.

3. Adobe Photoshop

Menghapus background menggunakan Android tidak sehalus ketika menggunakan komputer, maka opsi lainnya adalah Adobe Photoshop. Dengan program ini Anda bisa menghapus secara detail dan halus menggunakan mouse kemudian menyimpannya dalam format dot.png. Jangan lupa memindahkan file yang berhasil diedit kemudian pindah ke dalam memory hape.

Cara Membuat Sticker WhatsApp

1. Download dulu Personal Sticker WhatsApp di Google Play Store
2. Download juga Background Eraser/ Penghapus Latar Belakang
3. Setelah keduanya terinstall pada smartphone Android maka langkah selanjutnya adalah mencari gambar yang akan dibuat sticker
4. Di sini dicontohkan membuat sticker dari logo Amaterasu, kalau backgroundnya belum transparan maka hapus dulu menggunakan tol eraser
Cara membuat sticker WhatsApp
5. Minimal jumlah sticker yang dapat dikirim melalui chat WhatsApp adalah 3, jadi buat sticker dulu jumlahnya 3
6. Jalankan Personal Sticker for WhatsApp untuk menambahkannya ke dalam WhatsApp
7. Setelah itu coba kirim sticker yang Anda buat tadi ke teman atau group, berikut ini contohnya.
Cara mengirim sticker WhatsApp

Demikianlah informasi cara membuat sticker WhatsApp sesuai dengan selera masing-masing. Selain menggunakan Background Eraser alternatif lainnya adalah menghapus background dengan Adobe Photoshop. Bila artikel ini dirasa bermanfaat bagi khalayak banyak maka bagikanlah melalui tombol share di bawah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.