System Restore

Cara Menggunakan System Restore Windows 10

Posted on 18 views

System Restore adalah fitur bawaan Windows 10 yang memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan Windows yang error ke settingan sebelumnya sehingga bisa normal kembali. Sebenarnya fitur ini bukan hal baru di Windows karena Microsoft telah menyematkan di semua seri Windows mulai dari Windows 98 hingga Windows 10.

Dengan System Restore pengguna Windows 10 tidak perlu melakukan install ulang karena akan dikembalikan ke settingan sebelum error. Ini merupakan senjata ampuh yang sering dipakai oleh tukang service komputer dimana katanya install ulang padahal cukup dengan merestore Windows.

Kalau di smartphone sama dengan Reset Pabrikan namun bedanya di Windows bisa memilih dikembalikan kapan berdasarkan riwayatnya. Setiap perubahan yang dilakukan di Windows seperti install program dan update maka terekam di System Restore.

Baca: Mempercepat Windows 10 Dengan Disable Program di StartUp

 

Kapan Harus Merestore Windows?

Pernahkah Anda mempunyai masalah tiba-tiba icon di desktop komputer Anda hilang padahal sebelumnya normal saja. Hilangnya icon yang diiringi bergantinya background ke default Windows mengindikasikan terjadinya perubahan pada sistem operasi.

Penyebabnya tidak lain adalah karena Windows update dengan sendirinya. Masalah seperti ini kerap muncul pada komputer yang terhubung dengan internet dimana secara otomatis bila ada pembaharuan pada patch Windows maka update dengan sendirinya.

Update inilah yang menyebabkan Windows mereset ke settingan seperti setelah install ulang. Program yang telah terinstall juga ikut hilang karena kembali ke settingan setelah install. Disaat seperti inilah pengguna Windows bisa memanfaatkan System Restore untuk mengembalikan kesebelum error atau terjadi perubahan.

 

Restore Windows 10

1. Buka Control Panel Windows 10 kemudian pilih menu Recovery
2. Lanjutkan dengan memilih Open System Restore seperti pada gambar berikut ini

3. Pada Restore your computer to the state it was in before in before the selected event, pilih history terakhir kapan Anda melakukan perubahan pada Windows 10. Karena ini komputernya baru diinstall maka yang tampil cuma 1 yaitu Windows Update

4. Pilih Next untuk melanjutkan maka muncul Confirm your restore point
Restore Point
5. Pilih Finish maka muncul dialog One started, System Restore cannot be interrupted. Do you want to continue? Yes untuk menuju proses restore

6. Secara otomatis Windows akan restart dengan sendirinya dan hidup kembali. Butuh waktu hingga puluhan menit sampai Windows normal kembali.

Demikianlah informasi cara mengembalikan Windows 10 yang morat-marit dengan fitur System Restore bawaan Windows. Apapun permasalahannya kalau menggunakan System Restore akan kembali normal seperti sebelum error.

Untuk mencegah terjadinya error karena ketidak sempurnaan saat melakukan update, Anda bisa mematikan automatic update seperti berikut ini.

Baca: Mematikan Windows 10 Update Assistant Secara Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.