Teknologi G-Sync Dari NVIDIA

Mengenal Teknologi G-Sync Dari NVIDIA

Posted on 34 views

Pada postingan sebelumnya TERAA.NET telah membahas teknologi FreeSync milik AMD dan ini merupakan kelanjutannya yaitu G-Sync milik NVIDIA. Untuk Anda yang belum tahu teknologi G-Sync itu seperti apa mari baca penjelasan berikut ini sampai habis.

Sekilas memang kalah populer dengan FreeSync padahal telah diperkenalkan NVIDIA sejak tahun 2013 yang lalu. Apakah G-Sync kualitasnya dibawah FreeSync? belum tentu juga karena keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Menurut NVIDIA teknologi G-Sync bisa diaplikasikan pada monitor FreeSync sehingga pengguna Graphic Card kubu hijau tidak perlu khawatir memilih monitor yang ada fitur FeeSync sedangkan kubu merah unggul pada dukungan produsen monitor yang rata-rata sekarang support FeeSync.

Apa yang diumumkan oleh NVIDIA membuat publik geger karena teknologi G-Sync lebih fleksibel dari kompetitornya. Teknologi ini nanti disinkronkan melalui perangkat lunak yang diberikan oleh NVIDIA.

 

Pengertian G-Sync

G-Sync adalah implementasi Variable Refresh Rate (VRR) untuk menghindari screen tearing dan meminimalisir input lag. Screen tearing ini terjadi karena framerate di aplikasi atau game lebih tinggi daripada display refresh rate yang ada pada monitor.

Screen teraring ini wujudnya seperti muncul garis atau kotak-kotak ketika bermain game. Dengan hardware yang kompatibel antara Graphic Card NVIDIA dan monitor yang support G-Sync maka masalah tearing akan hilang dan Anda dapat bermain game dengan mulus.

 

Sejarah G-Sync Support Monitor FreeSync

Setelah NVIDIA mengumumkan teknologi G-Sync, selang satu tahun kemudian AMD mengumumkan teknologi FreeSync yang mempunyai fungsi sama untuk meminimalisir screen tearing.

Uniknya lagi FreeSync milik AMD ini gratis sehingga mendapatkan dukungan dari para produsen monitor begitu masif. Coba cek perbandingan berapa banyak tipe monitor yang menggunakan G-Sync? pasti kalah banyak dengan FreeSync.

Tidak mau kalah dengan AMD, akhirnya teknologi G-Sync dimodifikasi melalui update driver supaya bisa dijalankan pada monitor FreeSync. NVIDIA memutuskan untuk melakukan ekspansi pada lini G-SYNC-nya, dengan mengizinkan Variable Refresh Rate(VRR) untuk dijalankan pada monitor dengan kemampuan VESA Adaptive-Sync. Ya, secara tidak langsung mengatakan bahwa akan mendukung Monitor FreeSync.

 

Persyaratan Untuk Menjalankan G-Sync

Berikut ini ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi untuk menikmati teknologi G-Sync:

1. Harus menggunakan Graphic Card NVIDIA versi terbaru minimal GeForce GTX 650Ti
2. Menggunakan monitor yang support G-Sync, bila tidak menemukannya belilah monitor yang support FreeSync
3. G-Sync dapat dijalankan melalui Display Port dan HDMI. Yang masih menggunakan port VGA tidak bisa.

 

Cara Mengaktifkan NVIDIA G-Sync

G-Sync akan secara otomatis diaktifkan oleh driver NVIDIA dengan Graphic Card yang kompatibel serta dapat diaktifkan secara manual melalui panel kontrol dibawah opsi menu G-Sync . Jika opsi menu G-Sync tidak ada, maka silakan periksa apakah kartu grafis NVIDIA yang diinstal kompatibel (GTX 650 Ti Boost atau spesifikasi lebih tinggi) dan driver diinstal dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.