Cara hapus data NIK dan KK pada kartu prabayar (SIM Card)

Unreg Kartu Prabayar Dengan Hapus Data NIK dan KK

Posted on

Cara Unreg Kartu Prabayar dengan Hapus Data NIK dan KK – Pemerintah mengeluarkan regulasi baru kepada pemilik kartu prabayar GSM maupun CDMA untuk mendaftarkannya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kemudian diverifikasi lagi menggunakan Nomor Keluarga (KK). Kedua persyaratan NIK dan KK harus terpenuhi bilang ingin registrasi kartu prabayar, jangan harap Anda bisa melakukannya bila mempunyai identitas kependudukan palsu bila melalukan ini.

Pertanyaan yang sering muncul dari para pelanggan/ pengguna kartu prabayar adalah apakah bisa di unreg bila telah registrasi? Operator selular telah menyediakan layanan untuk unreg kartu prabayar yang telah diregistrasi dan bisa diakses melalui masing-masing kartu. Namun sebelum menuju ke tahap cara unreg kartu prabayar sebaiknya kita pahami dulu regulasi baru yang ditetapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang pemilik kartu prabayar.

Pada awalnya Kominfo menetapkan bahwa 1 NIK hanya bisa digunakan untuk registrasi 3 kartu saja, karena ada usulan dari berbagai pihak akhirnya merubah kebijakannya dengan tidak dibatasinya jumlah kartu. Dalam hal ini penyedia operator harus rutin melaporkan update nomor kartu SIM sesuai NIK kepada Kominfo.

Baca: Cara Registrasi Kartu Prabayar

Rata-rata setiap orang hanya memiliki 1 atau 2 nomor SIM tetap, bila mempunyai lebih dari 2 nomor hanyalah nomor paket internet. Nomor tersebut biasanya dibuang setelah paketannya habis. Pelanggan lebih memilih membeli perdana baru yang telah include data karena lebih murah daripada beli melalui nomor yang telah ada sebelumnya. Pelanggan yang membuang kartu inilah ingin melalukan unreg karena sudah tidak digunakan lagi. Baiklah berikut ini adalah Cara unreg kartu prabayar untuk masing-masing operator GSM/ CSMA:

Cara Unreg Kartu GSM/ CDMA Yang Telah Diregistrasi (Lengkap):

Cara Unreg Telkomsel

Pelanggan Telkomsel bisa mengakses menu USSD telepon untuk proses unreg dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Di menu telepon, akses menu USSD dengan dial *444#
  2. Di menu berikutnya pilih poin 3 atau UNREG
  3. Masukkan 16 digit NIK lalu pilih Kirim.

Cara Unreg Indosat Ooredoo

Pelanggan operator seluler ini hanya memiliki satu pilihan untuk melakukan unreg yakni melalui SMS. Pengguna kartu prabayar Indosat bisa mengirim SMS dengan format UNPAIR#nomor telepon# lalu kirim ke 4444 (UNPAIR#0812345678#).

Cara Unreg XL/ Axis

Pelanggan XL/AXIS bisa memilih salah satu dari dua cara yang tersedia, yakni melalui menu USSD dan SMS. Pertama, silakan dial ke *123*4444# namun pastikan nomor XL/AXIS terpilih adalah nomor yang ingin di-unreg.

Kedua, pelanggan bisa mengetik SMS dengan format UNREG#nomor telepon# lalu kirim ke 44444 (contoh: UNREG#0812345678#)

Cara Unreg 3 (Tri)

Pelanggan Tri (3) dapat melakukan proses unreg via website dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website registrasi Tri (3) di alamat registrasi.tri.co.id
  2. Pilih menu Unreg
  3. Masukkan data yang digunakan ketika meregistrasi nomor Tri (3) yang akan di-unreg (nomor telepon dan NIK)
  4. Minta kode rahasia yang akan dikirim via SMS
  5. Setelah menerima, masukkan kode rahasia tersebut (berlaku lima menit)
  6. Centang kotak I’m not robot
  7. Pilih Kirim.

Cara Unreg Smartfren

Smartfren merupakan satu-satunya operator CDMA yang mampu bertahan hingga saat ini, para pesaingnya seperti Esia telah tumabah duluan. Maka dari itu cara unreg kartu CDMA dari NIK hanya tertuju pada Smartfren. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pelanggan prabayar Smartfren dapat mengirim SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444 (contoh: UNREG#3125012304560001#)
  2. Setelah permintaan unreg terkirim, semua layanan (telpon, SMS, dan data) akan terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. Kendati demikian, pelanggan tetap dapat menghubungi layanan contact center 4444
  3. Pelanggan bisa mengunjungi laman mysf.id/unreg untuk membatalkan registrasi dengan catatan menggunakan koneksi atau jaringan Smartfren. Di laman tersebut pengguna tinggal memasukkan NIK untuk proses selanjutnya
  4. Setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran, pelanggan dapat melakukan registrasi ulang dengan identitas yang baru yang valid di nomor baru Smartfren terpilih
  5. Selain cara di atas, proses unreg atau membatalkan registrasi bila pula dilakukan pelanggan dengan mengunjungi gerai operator seluler masing-masing dengan membawa bukti identitas kepemilikan yang resmi (KTP dan KK).

3 thoughts on “Unreg Kartu Prabayar Dengan Hapus Data NIK dan KK

  1. Bagaimana bila terlanjur dibuang kartu perdana yang sudah habis kuota datanya?
    Saya sudah membuang 3 kartu tanpa melakukan unreg

    1. Pastinya tidak bisa diunreg lagi kalau sudah dibuang, tetapi nggak masalah kok soalnya 1 NIK bisa untuk beberapa nomor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.