Alat Wifi Jarak Jauh

Upgrade Peralatan Ngeblog LiteBeam M5 ke PowerBeam M5

Posted on

Siapa bilang ngeblog itu gratis, buktinya banyak biaya yang dikeluarkan untuk ngeblog. Peralatan utama yang harus ada adalah komputer atau laptop, bila keduanya tidak punya bisa menggunakan smartphone. Fasilitas lainnya yang nggak kalah penting adalah internet, koneksi internet.

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan mungkin tidak terlalu dipusingkan dengan masalah internet, mau pilih Telkom, Biznet, dan Astinet bisa. Masalahnya kalau hidup di desa seperti admin, Telkom saja kabelnya tidak sampai depan rumah dan alternatifnya menggunakan paket data selular.

Selama memakai paket data malah bikin kantong jebol, bayangkan saja kuota 2 GB Simpati seharga Rp. 50.000 cuma jadi 2 hari untuk ngeblog, streaming, dan download. Permasalahan ini akhirnya terpecahkan dengan menggunakan transfer data jarak jauh yaitu nembak wifi.

Baca: Atur Keamanan Jaringan Wifi Dengan Mac Address Filtering

Peralatan yang digunakan pertama kali adalah LiteBeam M5 dengan jarak tembak kurang lebih 5 km. Selama 6 bulan menggunakan produknya Ubiquiti ini powernya semakin turun dan turun. Setelah browsing dan tanya sana-sini sama masternya memang itu kelemahan dari LiteBeam M5. Harganya kisaran Rp. 650.000, sepadan dengan durabilitasnya.

Tidak mau kecewa yang kedua kalinya akhirnya memberanikan diri menggunakan PowerBeam M5 400 dengan harga 2 kali lipat, bahkan lebih jika dibandingkan LiteBeam M5. Kode 5 artinya frekuensi yang digunakan 5 Ghz, kalau 2 artinya sinyal wifi tersebut bejalan pada frekuensi 2 Ghz.

Upgrade Peralatan Ngeblog Butuh Biaya Besar

Upgrade senjata ngeblog memang membutuhkan biaya, namun insyaAllah usaha Anda akan dibayar sepadan bahkan lebih sama Allah SWT. Pemasangan pertama kali menghabiskan dana sebesar Rp. 1.550.000, itu alat yang digunakan LiteBeam M5 dan radio wireless router Netis.

Setelah sedikit mengerti seluk-beluk jaringan akhirnya beli alat sendiri dan nyari para penjual Bandwidth yang mau mawarkan speed gede dengan harga murah. Akhirnya dapat 2 GB seharga Rp. 150.000 perbulan. Pemasangan alat baru dari LiteBeam M5 ke Power Beam M5 400 sebesar Rp. 300.000 (sudah termasuk perawatan jika terjadi trouble).

Baca: Cara Menyembunyikan SSID atau Nama Sinyal Wifi

Mungkin ada yang belum paham apa itu LiteBeam dan PowerBeam? keduanya merupakan akses point untuk menerima atu menyalurkan sinyal wifi dari dan ke client. Admin lebih suka menggunakan produknya Ubiquiti karena menurut pengalaman pengguna mempunyai tingkat kemudahan dalam pemasangan dan durabilitas yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *