User ID dan Channel ID YouTube

Cara Mengetahui User ID dan Channel ID YouTube

Posted on 26 views

User ID dan Channel ID YouTube – Belakangan ini ada beberapa YouTuber tanah air yang akun YouTube diambil alih oleh hacker sebut saja channel Jagat Review dan Kios Komputer. Padahal kedua channel ini membahas tentang teknologi dan dunia komputer, seharusnya mereka paham cara mengamankan akun dari serangan hacker tetapi faktanya bisa dibobol juga.

Padahal banyak YouTuber lain yang jumlah subscribe dan viewernya banyak namun masih aman. Ada kemungkinan kenapa 2 channel YouTube tersebut dihack yaitu untuk menguji apakah pemilik akunnya benar-benar ahli dalam membikin password yang rumit atau memang hackernya sangat ahli.

Selepas dari kasus tersebut, setidaknya Kita sebagai pemilik akun YouTube harus mengamankan seaman mungkin dengan password yang rumit dan mengaktifkan verifikasi 2 langkah seperti Google Authenticator. Lalu bagaimana kalau masih bisa dibobol oleh hacker? harus menyimpan identitas akun YouTube untuk mengklaim bahwa channel tersebut benar-benar milik Anda.

Identitas akun YouTube ada 2 yaitu User ID dan Channel ID. Identias kepemilikannya berupa kode yang dapat Anda ambil melalui pengaturan YouTube. Belum tahu cara melihat User ID dan Channel ID YouTube? silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum menuju pembahasan alangkah baiknya dipahami bahwa proses pengambil alihan akun YouTube itu yang dihack adalah akun Google Mail (Gmail). Setelah berhasil masuk Gmail maka hacker leluasa untuk masuk ke beberapa layanan Google seperti YouTube, Google AdSense, Blogger, Google Drive, dan lain sebagainya.

Sebenarnya bila hacker belum mengganti nomor telepon aktif yang terhubung ke Gmail, pemiliknya bisa melakukan reset password. Masalahnya kalau sudah diambil alih kemudian hacker tersebut mengganti nomor telepon, itu yang susah untuk diambil kembali.

Namun dengan menyimpan User ID dan Channel ID, pemilik yang syah bisa menghubungi team Google atau YouTube dengan menunjukkan bukti bahwa benar-benar pemilik akun YouTube.

 

Mengetahui User ID dan Channel ID

1. Buka YouTube.com kemudian login menggunakan akun Anda
2. Setelah itu klik icon foto profil channel YouTube di pojok kanan atas
3. Silahkan perhatikan deretan menu yang tersusun ke bawah kemudian klik Settings

4. Lanjutkan dengan memilih Advanced Setting seperti pada gambar berikut ini

5. Perhatikan User ID dan Channel ID milik Anda, simpan dengan cara Copy Paste

6. Selamat sekarang Anda telah mengcopy kode User ID dan Channel ID, simpan kedua kode tersebut dengan aman. Nanti ketika ada hacker yang mengambil alih akun YouTube, gunakan User ID dan Channel ID sebagai bukti otentik kepemilikan akun YouTube.

 

Cara Menghubungi Team YouTube

Ada beberapa cara supaya bisa berkomunikasi dengan YouTube diantaranya adalah melalui Support Google atau Twitter. Pengalaman yang sudah diretas dan berhasil mengembalikan akun YouTube mereka melakukan komunikasi melalui @TeamYouTube (Twitter).

Minta tolong ke teman Anda untuk meretweet postingan di @TeamYouTube supaya cepat dibaca teknikal supportnya. Nanti ada beberapa pertanyaan tentang kepemilikan akun YouTube dan diminta untuk memberikan User ID dan Channel ID sebagai bukti bahwa akun tersebut milik Anda.

Baca: Bug Hunter, Profesi Mencari Celah Keamanan Sistem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.