Cara Mengukur Kecepatan Booting Windows

Posted on 6 views

Mempunyai komputer yang cepat bootingnya merupakan dambaan setiap orang, masalahnya tidak semua komputer bootingnya cepat. Bayangkan betapa senangnya kita menyalakan komputer dalam hitungan detik langsung masuk Windows, begitu juga mematikannya dalam kedipan mata.

Tahukah Anda bahwa kecepatan booting PC dan Laptop itu tidak sama meskipun spesifikasinya hampir sama misalnya sama-sama memakai Intel Core i5. Semakin besar dan lebar dimensi Laptop maka bootingnya semakin cepat karena dipengaruhi sirkulasi udara di dalamnya.

PC yang memakai Intel Core i3 kecepatan bootingnya hampir menyamai Laptop yang memakai i5. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya booting seperti spesifikasi prosesor, memory, dan sirkulasi udara.

Baca: Mempercepat Laptop Jadul Menjadi Supercepat

Kebanyakan orang hanya fokus pada hardware tersebut padahal ada faktor lain penentu cepatnya booting yaitu storage device. Komputer yang memakai harddisk cenderung lebih lama bootingnya daripada SSD. Untuk itu jangan heran kalau komputer tersebut masih lemot meskipun telah memakai Intel Core i7, pasti belum terpasang SSD.

Kemarin TERAA.NET iseng mengukur kecepatan booting, ternyata menarik juga untuk mengisi waktu luang. Jika Anda tertarik ikutan mengukur Windows Boot Time berikut ini akan dibagikan caranya.

 

Cara Mengukur Windows Boot Time

Penasaran dengan kecepatan booting Windows berikut ini ada dua cara untuk mengukurnya yaitu menggunakan software dan tanpa software. Dari kedua pilihan tersebut sama akuratnya tergantung ketertarikan Anda mau melihat kecepatan booting Windows melalui software atau manual.

 

Cek Kecepatan Booting Windows dengan Glary Utilities

1. Download Glary Utilities kemudian isntall pada komputer Anda
2. Jalankan programmnya, kemudian lihat Boot Time seperti yang diberi tanda biru berikut ini
Windows Boot Time

3. Hasil pengukuran ini menunjukkan kecepatan booting 36 seconds, lumayan cepat untuk komputer tua rakitan tahun 2015.

 

Periksa Kecepatan Booting Windows dengan Timer

1. Selanjutnya Anda dapat memanfaatkan timer yang tersedia pada jam digital, timer pada smartphone, atau timer beneran yang kerap dipakai pelatih
2. Siapkan timer dalam genggaman, kemudian jalankan bersamaan menekan tombol ON pada komputer
3. Stop/ hentikan timer saat komputer memasuki Windows
4. Lihat seberapa cepat Windows Boot Time diukur menggunakan timer.

 

Cara Mempercepat Booting Windows

1. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bila Anda mempunyai dana yang cukup silahkan ganti harddisk menggunakan SSD dijamin cepat sekali bootingnya

2. Belum kuat membeli SSD mari maksimalkan kerja komputer dengan mematikan program yang berjalan pada StartUp Windows. Caranya ketik “msconfig”¬†tanpa tanda kutip pada Type here to Search pada Windows 10 atau tekan tombol Jendela Windows + R secara bersamaan kemudian ketik msconfig.

Pilih tab menu StartUp > Open Task Manager. Pilih program yang akan di disable startupnya misalnya Spotify. Tutup jendela Task Manager kemudian lihat hasilnya.

Membuat Booting Windows Semakin Cepat

3. Menghapus file sampah di Recycle Bin tidaklah cukup, masih ada file sampah di drive C yang harus Anda hapus secara manual melalui Cleanup file system. Jadi sistem yang berjalan di Windows ini akan meninggalkan bekas, bila tidak dihapus bisa memperlambat kinerja komputer.

Caranya buka File Explorer, klik kanan drive C kemudian pilih Propertis. Pilih tab menu Generals > klik Disk Cleanup. Beri tanda centang kemudian akhiri dengan OK.

Mempercepat Windows Boot Time

Demikianlah informasi cara cek kecepatan booting Windows dan cara mempercepat booting. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan betah beralama-lama di depan komputer karena loading boot secepat kilat.

Baca: Membuat Windows 10 Menjadi Supercepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.