Panduan Cara Menggunakan YUMI Multiboot USB Creator

Posted on 403 views

YUMI Multiboot USB Creator adalah aplikasi untuk membuat istaller sistem operasi dengan Flashdisk. Artinya installer yang Anda buat nantinya bisa untuk menginstall Windows maupun Linux menggunakan USB Flashdisk. Keuntungan membuat installer menggunakan USB Flashdisk adalah untuk menginstall laptop maupun komputer dekstop yang tidak dilengkapi Optical Drive CD/ DVD Room.

Bila Anda sedang mencari aplikasi untuk membuat USB Installer atau cara membuat installer Windows/ Linux dengan Flashdisk maka tepat sekali membaca artikel ini. YUMI Multiboot USB Creator merupakan salah satu aplikasi untuk membuat installer sistem operasi dengan Flashdisk, selain ini masih banyak aplikasi lain yang serupa namun TERAA.NET menyarankan menggunakan YUMI karena kemudahan dalam penggunaannya.

YUMI Multiboot USB Creator menawarkan dua aplikasi untuk membuat bootable sistem operasi dengan Legacy BIOS maupun UEFI BIOS. Legacy untuk menginstall laptop/ komputer lama sedangkan UEFI untuk perangkat komputer keluaran terbaru. Anda tinggal memilih salah satu dari dua pilihan tersebut dengan menyesuaikan BIOS pada komputer. Supaya mudah dipahami silahkan simak tutorial cara menggunakan YUMI Multiboot USB Creator berikut ini.

 

Cara Membuat USB Installer Windows 10 Legacy BIOS Dengan YUMI Multiboot USB Creator

1. Download YUMI Legacy BIOS
2. Setelah selesai download jalankan YUMI
3. License Agreement telah terbuka, pilih I Agree untuk lanjut
4. Perhatikan step by step mulai yang pertama hingga terakhir (lihat pada gambar di bawah ini)

Step 1: pilih drive USB Flashdisk
Step 2: pilih sistem operasi, di sini contohnya untuk membuat USB Installer Windows 10
Step 3: cari dimana lokasi master ISO Windows berada
5. Terakhir adalah membuat USB Installer, lanjutkan dengan memilih Create.

Membuat USB Bootable Windows 10 UEFI BIOS Dengan YUMI Multiboot USB Creator

Membuat USB installer untuk UEFI BIOS caranya sama dengan Legacy, yang berbeda hanya jenis aplikasinya yaitu YUMI Multiboot USB Creator UEFI. Untuk itu silahkan download dulu aplikasi YUMI UEFI kemudian buat installer sesuai cara yang telah dijelaskan di atas.

Demikanlah informasi cara menggunakan YUMI Multiboot USB Creator, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang ingin menginstall laptop/ komputer. Keunggulan YUMI adalah mampu membuat boot lebih dari satu (multi boot), jadi dalam Flashdisk tersebut bisa terpasang dua sistem operasi sekaligus misalnya Windows 8 dan Windows 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.