MBps Tidak Sama Dengan Mbps, Berikut Ini Perbedaannya

Posted on

Tahukah Anda, ternyata satuan kecepatan internet MBps tidak sama dengan Mbps. Sekejab memang terlihat bedanya hanya pada huruf besar dan kecil saja, namun ketika dikaji lebih jauh keduanya berbeda. Memang sama-sama satuan yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet namun value/ nilainya tidak sama. Makanya bila ditemukan kasus ada yang berlangganan internet bulanan 2 Mbps kenapa transfer rate download menggunakan IDM kok cuma 250 Kbps. Bukannya seharusnya mendapatkan 2 Mbps juga? berikut ini penjelasannya.

Pengertian Mbps yang tidak dijelaskan oleh provider Internet mungkin untuk menarik minat pengguna, tetapi sebagai pengguna yang cerdas harus mengetahui hal ini. Mbps adalah singkatan dari Mega Bits Per Second adalah satuan untuk mengukur kecepatan Internet per detik dengan menggunakan satuan Bits. MBps adalah singkatan dari Mega Byte Per Second adalah satuan untuk mengukur kecepatan Internet per detik dengan menggunakan satuan Byte. Perbedaannya satuan Byte dan Bits adalah ukurannya. Ukuran Byte lebih besar dari ukuran satuan Bits. 1 Bits sama dengan 0,125 Byte, atau 1 Bits adalah 1/8 satuan Byte.

Perbedaan MBps dan Mbps

Mengapa penyedia layanan internet (Internet Provider) selalu menampilkan layanan kecepatan internet nya dengan Kbps dan Mbps? Dan bukan menampilkan KBps dan MBps ? Mungkin karena tulisan 2 Mbps akan tampak lebih “Keren” dan “Besar” di lihat dibanding 387,5 KBps, meskipun keduanya memiliki kecepatan yang sama. Itulah bahasa iklan, teman. Mereka tidak pernah menjerumuskan. Mereka hanya membuat sedikit bingung, kemudian menghentikan pikiran calon client sejenak, dan menghipnotis untuk segera membeli dan menggunakan produk mereka. Saya dan teman-teman Online Marketing menyebutnya sebagai Hypnotic Marketing Strategy.

Baca: Tips Mengoptimalkan Penggunaan IDM Untuk Download File

Macam-Macam Satuan Kecepatan Internet

MBps (Mega Byte per Second)
Mbps (Mega Bit per Second)
KBps (Kilo Byte per Second)
Kbps (Kilo Bit per Second).

Konversi Nilai Satuan Kecepatan Internet

8 Bit = 1 Byte
1024 Bit = 1 Kilo Byte (KB)
1024 Kilo Byte = 1 Mega Byte (MB)
1024 Mega Byte = 1 Giga Byte (GB)
1024 Giga Byte = 1 Tera Byte (TB).

Jika digunakan satuan waktu, maka dihitung berdasarkan satuan  bit per second (bps)

512 Kbps = 512 X 1024 bps = 524288 bps.

Jika digunakan untuk ukuran file, hilangkan simbol (persecond), menjadi

512 Kbps = 512 X 1024 b = 524288 b.

Perbedaan antara MBps dan Mbps memiliki bentuk, sifat, dan makna yang berbeda

Byte adalah satuan terkecil dari satuan terbesar suatu data digital yang memiliki ukuran tertentu (ex: file Mp3 memiliki besar 5.000.000 Byte = 5.000 KB (Kilo Byte) = 5 MB (Mega Byte). Bit adalah satuan terkecil “pembentuk” data digital dalam bentuk besaran data yang digunakan untuk modus transfer data, sehingga satuan bit lebih tepat sebagai satuan kecepatan transfer data. Untuk membentuk data 1 Byte dibutuhkan proses transfer data sebanyak 8 bit dalam jangka waktu tertentu.

Contoh
1. Paket internet dengan kecepatan up to 512 Kbps, artinya: bukan saat download dapat kecepatan 512 Kilo Byte per detik, tetapi: 512 Kbps dibagi 8 = 64 KBps.
2. File 1 MB (Mega Byte) atau 1024 KB (Kilo Byte) dengan transfer rate 512 Kbps (Kilo bit per second) dapat terdownload dalam waktu berapa detik?

Pertama, akan menghitung kecepatan Kilo Byte per detik dengan cara mengubah satuan “Kbps’” menjadi “KBps” dengan cara: 512 dibagi 8, hasilnya adalah 64 , Jadi 512 Kbps itu sama dengan 64 KBps.

Kedua, membagi jumlah file dengan transfer rate. Berarti 1024 KB dibagi 64 KBps, hasilnya adalah 16.

Kesimpulan, artinya file sebesar 1 MB (1024 KB) dengan kecepatan transfer rate 512 Kbps (64 KBps) itu dapat didownload dalam waktu 16 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *