Singkatan Alamat Sesuai EYD

Aturan Penulisan Singkatan Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi

Posted on 2,051 views

Urutan atau susunan alamat biasanya dimulai dari dusun, RT/ RW, desa, kecamatan, hingga provinsi. Kalau ditulis semuanya maka panjang sekali, untuk memendekkannya harus disingkat. Namun sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu cara menyingkatnya, terkadang disingkat sesuka hatinya tanpa pedoman baku.

Alamat yang dimaksud adalah awalannya, bukan nama alamatnya, misalnya dusun, desa, kecamatan, dan kabupaten. Alasan kenapa kita perlu mempelajari singkatan alamat karena biasanya menjumpai form isian alamat yang isinya terbatas. Kalau ditulis semua maka jumlah hurufnya terbatas sehingga perlu menyingkat awalan alamatnya.

Bahasan mengenai singkatan dusun, desa, kecamatan, dan kabupaten masih jarang sekali, bahkan tidak ada. Untuk itu melalui tulisan ini TERAA.NET akan mengulasnya dan mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.

 

Cara Menulis Singkatan Alamat Yang Baik dan Benar

Dusun disingkat dsn
Rukun Tetangga disingkat RT
Rukun Warga disingkat RW
Desa disingkat ds
Kelurahan disingkat kel
Kecamatan disingkat kec
Kabupaten disingkat kab
Provinsi disingkat prov

Singkatan lainnya…

Gang disingkat gg
Kavling disingkat kav
Jalan disingkat jl
Lantai disingkat lt

 

Cara Menulis Singkatan Alamat

Di atas adalah urutan singkatan alamat dari yang terendah hingga tertinggi, setelah mengetahui singkatannya selanjutnya adalah menyusun alamat tersebut. Yang perlu digaris bawahi setiap menuliskan singkatan awalan alamat harus diberi tanda titik (.), misalnya des. dan dipisahkan dengan tanda koma (,).

Misalnya…

Alamat lengkap = Dusun Krajan, RT 16/ RW 07, Desa Ngrayung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur

Alamat yang disingkat = Dsn. Krajan, RT 16/ RW 07, Ds. Ngrayung, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek, Prov. Jawa Timur.

 

Kesimpulan

Demikianlah informasi cara menulis singkatan yang baku, singkatan ini biasanya digunakan untuk menulis form alamat pada formulir bank, pendaftaran CPNS, dan form isian lain yang dibatasi jumlah katanya. Selain itu juga bisa digunakan untuk menuliskan alamat untuk kiriman barang.

Biasanya pengirim menulis singkatan awalan alamat supaya tidak kelihatan panjang, dan kurir yang mengantarkan juga telah paham dengan singkatan alamat tersebut.

Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan tulis di kolom komentar, insyaAllah akan dijawab. Jangan lupa share artikel ini kepada yang lebih membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.