Cek Data Mahasiswa

Cek Data Mahasiswa Yang Telah Lulus atau Kuliah

Posted on 374 views

Demi terwujudnya layanan data pendidikan yang terpadu akhirnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PPDikti) sebagai tempat untuk menelusuri riwayat pendidikan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi maupun swasta.

Selama Anda terdaftar di perguruan tinggi, baik itu yang sudah lulus maupun kuliah datanya ada di PDDikti. Yang dicover dalam laman ini ada dua yaitu data mahasiswa dan data dosen. Manfaatkan portal resmi milik Kemdikbud ini untuk menunjukkan bukti legalitas dari status pendidikan Anda kepada pihak yang meragukannya.

Sebelum ada PDDikti data mahasiswa dan dosen hanya dimiliki oleh perguruan tinggi saja sehingga menimbulkan beberapa masalah seperti merebaknya jual beli ijazah palsu. Tanpa mengikuti perkuliahan tiba-tiba orang tersebut mendapat ijazah, mau mengecek legalitas ijazah juga sulit karena belum ada layanan online terpadu yang mengcover data pendidikan di perguruan tinggi.

Sebenarnya Kemdikbud cukup lama mengenalkan laman PDDikti, namun sekarang data perguruan tinggi yang disinkronkan cukup banyak sehingga semuanya sudah tercover. Meskipun dalam pencarian nanti ada yang belum muncul datanya tinggal menghubungi pihak perguruan tinggi untuk mengupdatenya.

 

Cek Data Mahasiswa dan Dosen di Laman PDDikti

1. Buka laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) di alamat berikut ini https://pddikti.kemdikbud.go.id
2. Pastikan Anda ingat nama hehe, nama sebagai keyword pencarian data mahasiswa yang telah lulus maupun masih kuliah. Mencari data dosen juga bisa dilakukan di sini
3. Ketik keyword atau kata kunci kemudian klik tombol Cari
4. Tunggu beberapa saat hingga sistem menampilkan hasilnya. Berikut ini adalah hasil pencarian milik admin TERAA.NET

4. Data mahasiswa di sini ditampilkan menjadi tiga bagian yaitu Biodata Mahasiswa, Riwayat Status Kuliah, dan Riwayat Studi.

 

Apa Saja Yang Bisa di Cek di Laman PDDikti

Seperti yang telah dijelaskan di atas, laman PDDikti ini akan menampilkan riwayat mahasiswa dan dosen baik itu yang telah lulus maupun masih kuliah. Seperti halnya dengan dosen yang masih aktif maupun sudah purna bisa ditelusuri di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi milik Kemdikbud.

Semakin banyak Anda menempuh pendidikan di satu Perguruan Tinggi maka data Riwayat Status Kuliah dan Riwayat Studi catatannya juga banyak, misalnya S1, S2, hingga S3.

Selain itu laman PDDikti juga menampilkan data mahasiswa yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik itu dalam jabatan maupun prajabatan. Intinya memanfaatkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi ini sangat bermanfaat sekali karena legalitas Anda diakui oleh pemerintah.

Misalnya Anda pihak yang meragukan ijazah, dan serdik tinggal buka laman PDDikti melali smartphone Android maupun Komputer kemudian tunjukkan pada pihak yang ragu tersebut.

Baca: Cara Cek Legalitas Sertifikat Pendidik (Serdik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.