Dampak Covid 19 Terhadap Blogger Publisher

Dampak Covid 19 Terhadap Nasib Blogger

Posted on 10 views

Menyebarnya New Corona Virus (Covid 19) memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia seperti banyaknya orang yang terifeksi virus dan korban meninggal terus bertambah. Selain dari segi kesehatan berdampak juga terhadap perekonomian seperti melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan melemahnya nilai saham.

Melalui tulisan ini TERAA.NET akan mengulas sisi berbeda dampak Covid 19 terhadap nasib blogger khususnya para publisher. Pada awal kemunculannya bulan Desember 2019 di kota Wuhan, provinsi Hubei – China belum berdampak besar pengaruhnya terhadap blogger namun menginjak bulan Maret 2020 terasa sekali.

Meluasnya persebaran Covid 19 ke berbagai negara di dunia seperti Italia, Spanyol, Iran, Amerika Serikat, dan Indonesia memporak-porandakan para pengiklan Google AdSense. Naiknya trafik blog terhadap konten Covid 19 tidak di iringi pendapatan dari AdSense.

Baca: Sejarah Pemberian Nama Virus Corona (2019-nCoV)/ Covid 19

Berdasarkan hasil webinar edisi “Optimasi Situs Menjelang Bulan Ramadan” pada 18 Maret 2020, tim Google AdSense belum menganalisa dampak Covid 19 terhadap publisher, namun dalam kutipannya pasti berdampak bila korban semakin bertambah.

Bila Anda salah satu blogger yang terkena dampaknya jangan menyerah, jadikan momen sulit ini sebagai awal untuk bangkit. Tetap fokus pada konten, insyAllah hasil akan mengikuti.

 

Dampak New Corona Virus Terhadap Nasib Blogger

 

1. Para Pengiklan Sepi

Entah kenapa semenjak Covid 19 menginfeksi ratusan orang di Indonesia, para pengiklan Google AdSense jadi sepi. Yang biasanya iklannya selalu tampil kini banyak yang blank dan akibatnya pendapatannya turun drastis. Kalau pandemik ini terus berlanjut bukan mustahil para blogger yang menjadikan iklan sebagai sumber pendapatan utama bakal kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Nilai Tukar Rupiah Melemah

Melemahnya nilai tukar rupiah tidak selamnya buruk bagi publisher pasalnya yang mempunyai akun Google AdSense dengan mata uang dolar akan untung ketika dicairkan ke rupiah. Payment terakhir pada tanggal 22 Maret 2020, $1 = Rp. 15.700,00.

Tinggal mengkalikan saja dalam sebulan dapat berapa rupiah, lumayan bukan. Dilain pihak publisher yang menggunakan akun IDR tidak berdampak apa-apa bahkan cenderung turun nilai kliknya karena pengiklan sepi.

3. Trafik Bisa Naik, Bisa Turun

Tidak semua blog mengalami kenaikan trafik akibat Covid 19, kecuali mereka yang up to date menyajikan koten New Corona Virus. Selain itu keputusan pemerintah menerapkan sosial distancing dan memberi instruksi kerja di rumah, belajar di rumah dapat meningkatkan trafik blog yang menyajikan konten pendidikan.

Kalau ingin bertahan di trafik atau meningkatkan, harus up to date membaca situasi terkini. Bila tidak mengikutinya maka dipastikan sepi pengunjung.

4. Harga Hosting dan Domain

Dampak Covid 19 tidak terlalu berpengaruh terhadap harga sewa hosting dan domain, tentu ini gambar gembira bagi para blogger yang tetap ingin membangun website/ blog. Hasil pengecekan ke beberapa provider harganya masih sama, yang berubah hanya layanan kepada klien yang semula dilakukan di kantor provider kini dilayani dari rumah.

Demikianlah informasi dampak New Corona Virus (Covid 19) terhadap nasib blogger, bila teman-teman ingin menambahkan silahkan beri masukkan melalui kolom komentar berikut ini.

Baca: Seberapa Efektif Pemakaian Masker dan Hand Sanitizer Untuk Menangkal Covid 19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.