Manfaat Influencer

Pengertian Influencer dan Manfaatnya

Posted on 16 views

Pernahkah Anda mendengar istilah influencer? namun apakah tahu apa arti influencer? TERAA.NET yakin sebagian besar yang membaca artikel ini lagi mencari jawaban atas ketidaktahuan mereka tentang influencer.

Istilah influencer sering muncul ketika kita sering melihat TV, tayangan YouTube, dan mengikuti perkembangan di sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Kini sudah saatnya setelah mendengar kata influencer kini Anda paham artinya.

Contoh media influencer adalah Instagram, YouTube, Faceboo, dan Twitter.

 

Pengertian Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki jumlah follower/ pengikut terbanyak di akun sosial medianya sehingga bisa memberi pengaruh kepada para followernya. Di tinjau dari segi kebermanfaatannya, influencer dapat memberikan manfaat positif bagi dunia marketing.

Tidak jarang mereka yang mempunyai follower banyak ditawari endorse untuk memasarkan produknya, sebut saja Ria Ricis dan Rans Entertaiment. Mungkin niat awalnya membuat akun sosial media hanya untuk pribadinya namun kalau dipandang bisa dimanfaatkan untuk marketing maka beberapa tawaran datang kepadanya.

 

Pengertian Influencer Marketing

Sebenarnya influencer juga bisa memanfaatkannya sendiri untuk menjual produk kepada para followernya dan terus menyebar melalui followernya itu sendiri. Dari sinilah kemudian muncul istilah influencer marketing yaitu promosi efektif yang memanfaatkan sosial media beserta followernya untuk menarik konsumen.

Konten menarik yang diposting influencer dengan mendapatkan komen positif dari para followernya secara otomatis akan mempengaruhi orang lain untuk tertarik pada konten tersebut. Kalau di toko online, komen ini seperti review terhadap barang yang telah dibelinya.

 

Manfaat Influencer Sebagai Media Kampanye

Masih dalam ingatan kita bahwa pemilu tahun 2019 yang lalu, sosial media ikut berperan meyakinkan orang untuk memilih calon tertentu. Influencer mudah menggerakkan follower untuk memilih pasangan tertentu dengan beberapa postingan/ konten yang diunggahnya.

Meskipun orang Indonesia sudah cerdas, masih saja mudah percaya dengan jargon kampanye yang di sosialisasikan melalui akun sosial media. Harapan kedepannya sudah tidak ada lagi influencer yang menggunakannya untuk kampanye, gunakan untuk kegiatan positif saja.

 

Manfaat Influencer Untuk Membantu Sesama

Jangan menilai sesuatu dari segi bisnis saja, ketika materi sudah di dapatkan sekarang saatnya membantu orang lain dengan influencer yang ada. Influencer yang baik mudah mempengaruhi follower untuk berbuat positif seperti penggalanan dana untuk korban bencana.

Tinggal membuat postingan/ konten yang mengajak follower untuk mendonasikan sebagian dari penghasilannya untuk membantu orang lain pasti mudah di dapatkan. Anda jangan bangga menjadi influencer hanya pamer mobil mewah seperti di channel sebelah, influencer yang baik peduli kepada sesama.

Baca: Pengertian Pansos dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.