Admin Sosial Media

Pengertian Admin Sosial Media dan Peluang Kerjanya

Posted on 26 views

Admin sosial media merupakan lowongan pekerjaan unik dan kekinian yang orang lain pada belum mengetahuinya. Bila Anda mempunyai kegemaran bersosial media dan sedang mencari pekerjaan maka daftar di lowongan ini adalah pilihan yang tepat.

Admin sosial media sekarang lagi dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar untuk mengelola akun sosial media yang di milikinya. Setelah diterima tentu deskripsi kerjanya tidak sebatas mengelola akun sosial media melainkan juga sebagai marketing dengan memanfaatkan sosial media.

Kalau admin sosial media ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemuda maka dapat mengurangi tingkat pengangguran. Namanya saja admin sosial media berarti tugas utamanya adalah sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Mereka yang menekuni bisnis perdagangan sangat terbantu sekali dengan adanya admin sosial media. Semua yang berkaitan dengan pelayanan publik secara online dihandle oleh admin sosial media. Bila Anda tertarik untuk melamar kerja sebagai admin sosial media harus berperan aktif dalam mencari informasi lowongan pekerjaan.

Baca: Pengertian Influencer dan Manfaatnya

Lowongan kerja ini biasanya mudah ditemukan di situs pencari kerja semacam Jobstreet. Beberapa perusahaan berani menggaji lebih tinggi untuk posisi ini daripada kerja biasa. Skill yang dibutuhkan sebagai admin sosial media hanya sebatas penguasaan sosial media saja, jadi semua orang bisa melakukannya.

Bila diterima sebagai admin sosial media, Anda harus siap bekerja di depan komputer, smartphone, dan telepon untuk kesehariannya. Penasaran dengan deskripsi kerjanya berikut ini yang bisa dilakukan ketika diterima sebagai admin sosial media.

 

Deskripsi Pekerjaan Admin Sosial Media

  1. Membalas pertanyaan pelanggan di soal media, platform pasar online, WhatsApp, dll
  2. Posting konten di Instagram, Facebook, dan kirim ke banyak email
  3. Proses pemesanan, pengkoordinasian, dan pengiriman
  4. Membuat konten untuk sosial media, e-commerce, dan periklanan
  5. Menangani keluhan dan klaim pelanggan
  6. Bersedia menanggapi pelanggan melalui telepon dan ngobrol melalui chat.

 

Aktivitas Kerja Admin Sosial Media

Di atas telah dijelaskan deskripsi kerja sebagai admin sosial media, sekarang lanjut pada aktivitas kerjanya. Berikut ini adalah contoh aktivitas kerja sebagai admin sosial media:

  1. Balas pesan WhatsApp pelanggan di pagi hari sebelum Anda datang ke kantor
  2. Menginformasikan administrator dan gudang produk apa yang perlu dikirim ke pelanggan mana
  3. Mengambil gambar dari produk, meng-upload ke Instagram, memberikan deskripsi yang menarik dan hashtags
  4. Membuat video yang menarik.
  5. Menerima panggilan telepon atau pesan WhatsApp dari pelanggan, menjelaskan produk kepada pelanggan
  6. Ketika Anda tidak sibuk mulailah percakapan dengan pelanggan yang baru membeli produk, untuk menanyakan tingkat kepuasan.

Note: Setiap perusahaan mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berbeda-beda, di atas hanyalah contoh aktivitas kerja sebagai admin sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.