Cara Memasang Kabel Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D. LED

Posted on 8 views

Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D LED merupakan ketrampilan dasar yang harus dikuasai orang supaya bisa merakit komputer. Tanpa menguasainya Anda bakal kesulitan menghidupkan komputer yang telah dirakit sehingga tidak berfungsi sama sekali.

Kabel yang terpasang pada motherboard ini disebut juga front panel, selain yang disebutkan di atas masih ada kabel lain seperti Audio dan USB. Intinya semua kabel yang terhubung dari motherboard ke casing komputer disebut front panel.

Pemasangan kabel Audio dan USB ini sangat mudah karena di dalam motherboard ada tulisannya (Audio atau USB), sedangkan untuk Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D. LED mudah-mudah gampang. Sangat mudah bila di motherboard ada tulisan Power LED dan sebagainya namun sayangnya tidak semua motherboard memberi tulisan sehingga membuat kebingungan bagi yang memasangnya.

Baca: Mengenal Macam-Macam Baut Pada Komputer Dekstop (PC)

Yang ada hanya pin front panel dan kabelnya, bagi pemula yang baru belajar merakit PC pasti kesulitan karena tidak ada petunjuknya. Skema pin front panel ini sifatnya tetap dan telah menjadi standar pada motherboard, meskipun tidak ada tulisannya kalau Ada memahami skemanya pasti gampang sekali memasang kabelnya.

Jangan takut terbalik memasang kabel, PC Anda nggak mungkin terbakar. Palingan tidak ada tanda-tanda kehidupan karena keliru memasang kabel pada pint front panel.

 

Skema Pin Front Panel Pada Motherboard

Skema pin front panel pada Motherboard

Perhatikan skema di atas, angka genap yaitu 2-4-6-8-10, Sementara dibagian bawah yaitu angka ganjil 1-3-5-7-9. nomor 9 NC (no connection), nomor 10 Tidak ada pin. Yang dijadikan acuan adalah nomor 9 karena tidak akan terisi.

  • 2 dan 4 : Power LED
  • 1 dan 3 : H.D.D. LED
  • 6 dan 8 : Power SW
  • 5 dan 7 : Reset SW
  • 9 : Kosong (No Connection).

Tambahan:

  • Pin Positif berada pada nomor : 1-2-6-7
  • Pin Negatif berada pada nomor : 3-4-5-8
  • Nomor yang tidak di isi yaitu : 9.

 

 

Fungsi Front Panel Pada Motherboard

Sebelum dijelaskan fungsinya masing-masing alangkah baiknya bila memahami kode SW pada front panel. SW merupakan singkatan dari (Switch), seperti Power SW dan Reset SW.

  1. Power SW fungsinya untuk menghidupkan komputer
  2. Reset SE fungsinya untuk mereset komputer/ restart
  3. H.D.D. LED fungsinya untuk menampilkan lampu harddisk/ SSD
  4. Power LED fungsinya menampilkan lampu power ketika komputer sedang berjalan.

 

Cara Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard

Setiap membeli casing komputer pasti include kabel front panel, di ujung konektornya ada tulisan dimana kabel ini ditancapkan pada pinnya. Misalnya H.D.D. LED yang harus nancap pada pint H.D.D. LED.

Kabel minus (-) berwarna putih sedangkan kabel plus (+) bisa berwarna-warni seperti merah, biru, hitam, dan orange. Setelah terpasang semua, Anda bakal mendapatkan 1 pin kosong yang tidak ada kabelnya dan itu wajar.

Memasang kabel Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D. LED pada Motherboard

Pastikan kabel terpasang dengan benar kemudian tekan tombol power pada casing komputer, bila komputernya berjalan berarti Anda berhasil memasangnya.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara memasang kabel front panel pada motherboard atau memasang kabel Power SW, Reset SW, Power LED, dan H.D.D. LED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.