Mengenal Macam-Macam Baut Pada PC (Komputer)

Posted on

Jenis-jenis baut pada komputer dekstop/ PC (Personal Komputer) – Baut adalah alat berbentuk bulat berulir untuk menghubungkan atau menyambungkan sesuatu. Dalam merakit komputer, baut merupakan komponen utama yang tak terpisahkan dari hardware.

Mengenal bermacam-macam baut pada PC sangatlah penting terutama untuk Anda yang mempunyai hobi atau ingin belajar merakit komputer. Meskipun telah bermunculan laptop dan smartphone yang canggih, namun faktanya pecinta komputer rakitan masih tinggi.

Komputer rakitan disukai para gamer, grafis, dan video editing karena kemampuannya yang tinggi. Untuk mendapatkan perfoma yang bagus pilihan hardwarenya juga harus bagus. Komputer dekstop mempunyai durabilitas yang tinggi karena sirkulasi udaranya bagus, berbeda dengan laptop yang berada di ruang sempit.

Macam-Macam Baut Pada Komputer Dekstop atau PC

PC adalah sebutan lain dari Komputer Dekstop, begitu juga sebaliknya. Setidaknya ada 6 macam baut pada komputer, yang lainnya adalah ring dan tempat baut itu sendiri. Semua baut yang terdapat pada komputer tidak membutuhkan mur karena ulir lawannya telah terpasang pada casing. Namun pengecualian untuk memasang baut pada motherboard/ mainboard yang memerlukan mur panjang sebagai penyambung dan bantalan motherboard.

Baut Motherboard atau Mainboard
Baut, mur, dan ring pada Komputer Dekstop/ PC

Silahkan perhatikan gambar di atas, berikut ini adalah penjelasannya:
1. Baut nomor (1) digunakan untuk memasang kipas/ fan pada casing komputer
2. Baut nomor (2) adalah untuk motherboard. Baut ini harus dikombinasikan dengan ring nomor (8) dan mur (4). Ring berwarna merah tersebut berfungsi sebagai ground supaya tidak nyetrum ketika memegang casing komputer
3. Baut nomor (3) untuk memasang harddisk dan SSD, bisa juga untuk DVD-RW
4. Baut nomor (5) untuk memasang VGA/ Graphic Card
5. Baut nomor (6) digunakan untuk memasang Power Supply (PSU)
6. Baut nomor (7) untuk mengunci side panel casing sebelah kiri dan kanan.

Cara Memasang Baut Pada PC atau Komputer Dekstop

Setelah memahami macam-macam baut beserta fungsinya, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa bautnya telah lengkap dan siap dipasang. Peralatan yang dibutuhkan adalah obeng plus (+) kecil dan obeng min (-) ukuran sedang.

Cara mengencangkan baut harus diputar searah jarum jam/ ke kanan sampai rapat dan presisi. Jangan terlalu kencang biar tidak dol/ rusak ulir pengaitnya.

Baca: Cara Memperbaiki Laptop Yang Tiba-Tiba Tidak Mau Nyala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.