Memasang Widget Popular Post WordPress

Menampilkan Popular Post WordPress Dengan Jetpack

Posted on

Cara membuat atau menampilkan widget popular post di WordPress itu gampang sekali salah satunya menggunakan plugin Jetpack. Maka dari itu bila WordPress Anda belum terinstall Jetcpak segeralah untuk menginstallnya. Secara default WordPress memang tidak menyediakan widget popular post pada platformnya, namun tetap bisa menampilkannya dengan menggunakan plugin atau script.

Membuat widget popular post pada blog WordPress menjadi kendala utama bagi mereka yang baru menggunakan WordPress. Bila Anda termasuk salah satu dari mereka yang belum tahu caranya maka tepat sekali membaca artikel ini.

Popular Post adalah widget yang neampilkan daftar artikel paling popular. Keuntungan memasang widget ini adalah mendorong para pengunjung blog WordPress untuk memudahkan menelusuri semua koten yang ada pada blog Anda.

Widget popular post WordPress cocok disandingkan dengan Recent Post dan Recent Comment. Anda bisa menamhakan popular post di samping kanan atau di bawah artikel. Cara yang dibagikan ini cocok sekali untuk Anda yang malas otak-atik script pada WordPress.

Baca: 2 Plugin SEO Yang Direkomendasikan Untuk WordPress

Plugin Jetpack adalah plugin powerfull yang harus terpasang pada WordPress, disebut juga sebagai induk dari beberapa plugin. Setidaknya ada 30 fitur dalam plugin Jetpack diantaranya adalah widget popular post, site stats, sosial sharing, related post, dan lain sebagainya. Supaya mudah dipahami langsung uji coba saja cara membuat popular post WordPress sesuai totorial di bawah ini.

Cara Menampilkan Widget Popular Post Pada WordPress Tanpa Script

1. Install plugin Jetpack pada blog WordPress
2. Hubungkan Jetpack dengan akun WordPress.com pada menu Connection Settings, bila belum punya akun silahkan buat dulu di WordPress.com
3. Kemudian pilih Appearance > Widget > cari Top Post & Pages (Jetpack)
Plugin Popular Post
4. Bila sudah ketemu drag Widget tersebut pada sidebar atau footer blog. Bila ingin dipasang di samping kanan postingan blog maka pilih Sidebar, bila ingin dipasang di bawah postingan maka pilih Footer
Menampilkan Popular Post WordPress, Membuat Popular Post WordPress
5. Beri nama Judul/ Title, kemudian sesuaikan ingin menampilkan berapa jumlah artikel. Anda juga bisa menampilkan Popular Post hanya teks saja atau dengan gambar
6. Save dan lihat hasilnya, kini Anda berhasil menampilkan widget artikel paling popular di WordPress.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Menjadi AMP Google

Demikianlah informasi cara menampilkan widget popular post WordPress. Karena cara ini menggunakan plugin maka hanya bisa diaplikasikan pada WordPress Selft Hosting atau WordPress.org.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.