Cara Membagi Kertas Menjadi 3 Bagian Untuk Brosur Lipat

Posted on

Cara membuat brosur lipat 3 – Brosur merupakan media yang terdiri dari 1 atau sejumlah kecil halaman yang diterbitkan secara tidak berkala (saat itu juga) untuk menyampaikan pesan kepada khalayak banyak. Brosur tidak menggunakan jilid, melainkan hanya dilipat saja. Yang cukup banyak dipakai adalah brosur lipat 3 bolak-balik.

Brosur banyak digunakan untuk tujuan promosi daripada sekedar informasi. Untuk itu materi yang disampaikan pada brosur harus langsung pada poinnya saja. Anda juga bisa menambahkan gambar atau mendesain brosur semenarik mungkin untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui brosur dan menarik orang untuk membacanya.

Cara termudah membuat brosur lipat 3 yaitu menggunakan program pengolah foto Adobe Photoshop. Membuat brosur dimulai dari menentukan ukuran kertas dan membaginya menjadi 3 bagian. Setelah itu Anda tinggal mendesain brosur sesuai dengan topik/ tema yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca: Cara Membuat Video Tulisan Spidol Dengan Sparkol VideoScribe

Bila Anda mahir membuat brosur sendiri maka dapat menghemat anggaran daripada pergi ke percetakan. Langsung saja berikut ini adalah cara membuat brosur lipat dengan Adobe Photoshop.

Cara Membuat Brosur Lipat 3 Bagian Dengan Adobe Photoshop

1. Jalankan program Adobe Photoshop, seri berapapun caranya adalah sama. Pada contoh ini menggunakan CS 6
2. Tekan kombinasi tombol Ctrl + N secara bersamaan untuk membuat halaman baru
3. Ukuran brosur menggunakan kertas A4 maka pada pilihan Preset pilih: International Paper. Jangan lupa memberi nama halaman, misal Name: Brosur Lipat Bagian Depan > OK
Ukuran standar brosur lipat4. Secara default kertas A4 tersebut tampilannya portrait, untuk memudahkan membuat brosur ubah jadi Landscape dengan cara pilih tab Image > Image Rotation > 90 CW
5. Kertas A4 mempunyai panjang 29.7 cm (297 mm) dan lebar 21 cm (210 mm). Karena brosur lipat itu Landscape maka yang dibagi 3 adalah panjangnya 29.7 : 3 = 9.9
5. Cara membagi 3 yaitu pilih tab View > New Guide > Vertical > 9.9 cm
6. Bagi lagi dengan memasukkan angka kelipatan dari 9.9 cm yaitu 19.8 cm sehingga muncul garis pembagi seperti pada gambar berikut ini
7. Brosur lipat bolak-balik membutuhkan 2 halaman maka buat bagian depan dan belakang
8. Kini Anda siap mendesain brosur lipat 3 sesuai selera.

Kalau Ukuran Brosur Bukan A4 Gimana?

Sebenarnya Anda bebas mau menggunakan ukuran apa, karena standar internasional A4 maka tutorialnya kertas A4. Intinya sama, ukuran berapapun dan mau dibagi menjadi 2 atau 5 caranya sama. Yang penting ukuran panjang dibagi dengan (jumlah bagian).

Baca: Cara Membalik Gambar (Mirror) Dengan Photoshop

Demikianlah informasi cara membagi/ membuat brosur lipat menjadi 3 bagian menggunakan Adobe Photoshop. Setelah mengaplikasikan tutorial di atas pasti menyimpulkan ternyata mudah sekali membaginya menjadi 3 bagian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.