Migrasi Hosting

Pindah Hosting Dari Domainesia ke IDCloudhost

Posted on

TERAA.NET menggunakan layanan hosting dari Domainesia sejak 2018 yang lalu hingga akhirnya memutuskan pindah di akhir tahun 2023. Ada beberapa alasan kenapa harus pindah hosting, padahal dari segi pelayanan cukup puas hingga bertahan selama 5 tahun.

Soal kecepatan, hosting milik Domainesia bisa diandalkan karena jarang ditemui down. Begitu halnya dari pelayanan technical support, selalu siap selama 24 penuh. Semua permasalahan tentang website selalu teratasi dengan mengajukan tiket atau chat secara langsung.

Lalu pertanyaannya adalah kenapa harus pindah hosting? karena mahal. Sebelumnya sewa hosting paket super 2 GB dengan biaya 200 hingga 300 ribu pertahun, harga tersebut cenderung naik untuk tahun-tahun berikutnya. Kemudian mereka menyediakan paket terbaru dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar harga lebih murah.

Ceritanya upgrade dari 2 GB ke 5 GB dengan biaya 600 ribuan, setahun kemudian harganya naik menjadi 700 ribuan. Disisi lain pendapatan dari blog menurun drastis karena akun AdSense dibekukan, kemudian mengajukan lagi sebagai publisher dan disetujui. Untuk bisa gajian dibutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan, bahkan lebih.

Belum lagi untuk kebutuhan sehari-hari, jadi sebagai kepala rumah tangga harus pinter mengalokasikan keuangan. Intinya selama menggunakan hosting Domainesia tidak pernah kecewa, cuma masalah di harga saja.

Admin juga bukan reviewer hosting yang suka memantau kecepatan server di setiap bulannya. Pemilihan provider hosting hanya dari banyaknya pelanggan yang menggunakan hosting tersebut dan harganya cocok di kantong. Setiap provider yang dibuka selalu dilihat testimonialnya, kalau mengatakan bagus baru masuk kategori.

 

Tujuan selanjutnya yang digunakan saat ini adalah hosting IDCloudhost, dengan harga yang masuk akal dan kecepatan servernya bisa diadu. Provider ini pernah direview orang lain dengan kelemahan support yang kurang memuaskan. Namun ketika mencoba sendiri, tengah malam dibantu migrasi hosting dari provider lama ke IDCloudhost.

Migrasi hosting juga cepat sekali, tidak sampai 10 menit beres. Setelah migrasi muncul masalah 404 yang redirect ke halaman provider sebelumnya. Kemudian mengajukan tiket ke technical support, beberapa menit kemudian diatasi dengan menghapus kode tidak penting di htaccess.

Hosting yang dipakai dari IDCloudhost adalah Basic Pro dengan kapasitas penyimpanan 3 GB. Harga normanya adalah 360 ribu, namun mendapatkan kupon migrasi hosting sebesar 70% hingga menjadi 114 ribu. Lumayan untuk jangka waktu satu tahun kedepan.

Berikut ini screenshot kecepatan website diukur menggunakan PageSpeed Insights untuk versi mobile dan web. Selengkapnya baca: Tes Kecepatan Website Dengan PageSpeed Insights

Mobile
Website

Demikianlah informasi pindah hosting dari Domainesia ke IDCloudhost. Bila Anda tertarik untuk menggunakan hosting yang digunakan TERAA.NET bisa beli melui link referral berikut ini: IDCloudhost dengan kupon promo untuk mendapatkan potongan harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.