2 Plugin SEO Yang Direkomendasikan Untuk WordPress

Posted on

WordPress adalah Content Managament System (CMS) yang paling popular di seluruh dunia. Meskipun pada awal perkembangannya ditujukan untuk blog, namun seiring berjalannya waktu WordPress dapat digunakan untuk membangun website. Silahkan Anda lihat situs jual beli online, situs perusahaan, universitas, dan sekolah yang rata-rata dibangun melalui WordPress.

Kenapa CMS ini begitu dicintai para web developer? karena banyaknya plugin dari para pengembang untuk WordPress. Untuk dapat menggunakan plugin harus menggunakan WordPress.org, bukan WordPress.com. Anda harus menyewa hosting sendiri untuk install plugin WordPress. Beberapa plugin yang direkomendasikan untuk mengoptimalkan blog pada mesin pecari adalah SEO by Yoast dan All In One SEO Pack.

Situs portal berita online juga dikembangkan dari platform WordPress. Bila dibandingkan dengan platform lain, WordPress mempunyai banyak keunggulan diantaranya adalah ramah dengan mesin pencari. Alasan inilah yang membuat para developer mencintai WordPress. Jadi bila Anda mempunyai situs yang dibangun menggunakan WordPress silahkan optimalkan SEOnya menggunakan plugin.

Baca: Optimalkan SEO Website Dengan Submit URL Postingan Artikel

Pengertian Plugin Pada WordPress

Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, bisa di sebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog WordPress.

Pengertian Plugin SEO WordPress

Plugin SEO WordPress adalah sebuah program tambahan untuk memaksimalkan website atau blog di mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dsb). Dengan memasang pluguni SEO, InsyaAllah artikel yang telah dipublish cepat ditemukan di mesin pecari sehingga visitor situs Anda semakin meningkat.

 

2 Plugin SEO Yang Direkomendasikan dan Yang Paling Banyak Digunakan

 

SEO by Yoast

Plugin SEO Yoast ini memang benar-benar powerful untuk urusan SEO, fitur utamanya mencakup berbagai aspek SEO serta memberikan rambu-rambu agar kita memberikan konten yang berkualitas. Plugin ini akan memaksa Anda untuk fokus kepada keyword pada setiap artikel yang Anda buat.

SEO Yoast tersedia dalam 2 versi yaitu gratisan dan berbayar. Anda dapat menggunakan mulai yang gratisan dulu, namun bila telah mahir menggunakannya silahkan upgrdate ke versi berbayar. SEO Yoast juga memberikan kemudahan dalam memasang kode verifikasi meta tag pada Webmaster Tools.

Panduan SEO by Yoast

Fitur utama SEO Yoast

  1. Impor dan ekspor, fitur ini akan sangat berguna jika Anda memiliki beberapa situs cukup dengan mengkonfigurasi plugin di salah satu situs dan mengimpor pengaturan untuk semua situs-situs lain
  2. Dukungan Breadcrumbs untuk internal links
  3. Optimasi RSS feed
  4. XML Sitemaps
  5. Facebook Open Graph , Twitter dan Google Plus
  6. Tersedianya analisis halaman menggunkan plugin SEO Yoast dengan skor SEO dan saran untuk memperbaiki optimasi halaman  pada mesin pencari
  7. Anda dapat mengedit htaccess dan file robots.txt dari WordPress dashboard.

All In One SEO Pack

AIl In One SEO Pack merupakan plugin SEO yang banyak digunakan para Blogger, ada 2 versi dari plugin ini yang pertama All in One SEO Pack (gratis) dan All in One SEO Pack Pro (berbayar) Fitur dari AIO SEO Pack antara lain adalah integrasi dengan Google Analytic, optimasi judul pada search engine, canonical url, meta tag dan berbagai fitur lain seperti untuk menghindari duplicate content serta integrasi dengan WP e-commerce.

Panduan All In One SEO Pack

Fitur utama All In One SEO Pack

  1. Mencakup hampir semua fitur dari Plugin WordPress SEO by Yoast
  2. URL Canonical
  3. Lanjutan Halaman Navigasi link
  4. Dukungan Google Analytics
  5. Integrasi SEO untuk situs e-commerce WordPress.

SEO by Yoast VS All In One SEO Pack

Untuk memaksimalkan SEO pada situs web/ blog cukup memilih salah satu dari kedua plugin tersebut. SEO Yoast memiliki user interface atau tampilan muka yang sedikit lebih ribet daripada All In One SEO Pack. Bagi pemula yang baru pertama kali mencoba SEO Yoast mungkin kebingungan bagaimana cara menggunakannya, meskipun begitu keribetannya sepadan dengan hasil yang diharapkan.

Bila mencari kemudahan dalam optimasi situs web/ blog silahkan gunakan All In One SEO Pack. Plugin ini hadir dengan tampilan sederhana sehingga mudah dipahami oleh para penggunanya. Fitur yang ditampilkan tidak seribet SEO Yoast, tetapi hasilnya cukup memuaskan buktinya banyak pengelola situs yang menggunakan plugin ini.

Kesimpulan

Dari kedua plugin dapat diambil kesimpulan bahwa SEO Yoast dan All In One SEO Pack memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan tidak bisa dikatakan mana yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Namun Teraa menggunakan Yoast karena ada beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh All In One SEO Pack seperti fitur untuk mengimpor data dari webmaster tool, breadcrumb navigation dan lain sebagainya, terutama fitur breadcrumb navigation sehingga saya tidak perlu lagi menginstal plugin tambahan khusus untuk breadcrumb navigation ini, sementara fitur ini sangat penting untuk sebuah situs karena telah menjadi salah satu pertimbangan perankingan oleh Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *