Cara Memasang Baterai CMOS

Jam Komputer Sering Berubah-Ubah Periksa Baterai CMOS

Posted on

Pernahkah Anda menemukan kejanggalan pada komputer/ laptop yang jamnya tidak menujukan waktu sebenarnya. Misalnya telah mengatur jam sesuai regional wilayah Waktu Indonesia Barat (WIB) pukul 19.00. Setelah mematikan komputer dan dihidupkan lagi jamnya selalu berubah-ubah.

Bila Anda pernah mengalami kejadian seperti yang dijelaskan di atas tidak usah panik dan khawatir karena bisa diperbaiki. Yang menentukan kenapa jamnya selalu berubah-ubah adalah baterai CMOS. Baterai ini letaknya pada mainboard komputer, ukurannya cuma sebesar kancing baju.

Baterai CMOS adalah baterai yang digunakan untuk menyimpan perubahan data pada BIOS saat komputer tidak dinyalakan dan dinyalakan. Sifat-sifat baterai tidak ada yang permanen, semua ada masanya. Untuk baterai CMOS rata-rata diganti setelah umur baterai 2 tahun lebih.

Baca: Cara Membuat File ISO, Membuka, dan Burning

Penyebab Jam Komputer Berubah-Ubah

Baterai ada masanya, bila waktunya habis maka tidak bisa menyimpan data BIOS sehingga setiap kali komputer dinyalakan akan kembali seperti semula baik itu jam dan tanggal tahunnya. Silahkan ganti baterai CMOSnya, banyak dijual di toko-toko komputer terdekat rumah Anda.

CMOS Maxell

Baterai CMOS untuk komputer (PC) memiliki diameter yang lebih panjang bila dibandingkan dengan laptop. Baterai CMOS ini letaknya padamainboard komputer. Merek baterai yang banyak tersedia di pasaran dengan harga murah adalah Maxell. Baterai CMOS pada komputer memiliki tegangan sebesar 3 volt, begitu juga untuk laptop.

Baca: Ganti Baterai CMOS Jam Komputer Masih Berubah Ini Solusinya

Harga baterai CMOS cukup terjangkau, untuk merek Maxell Micro Lithium Cell antara Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. Untuk merek lain silahkan Anda browsing di internet.

Cara Mengganti Baterai CMOS Pada Komputer atau Laptop

Mengganti baterai CMOS caranya mudah sekali, yang penting Anda mau mencoba maka akan berhasil. Karena letaknya pada mainboard maka silahkan buka casingnya terlebih dahulu. Perhatikan pengait baterai CMOS pada mainboard, kemudian ungkit menggunakan alat penekan maka baterai lepas dengan sendirinya.

Ciri-Ciri Baterai CMOS Habis

Selain dilihat dari pengaturan jam yang sering berubah-ubah, berikut ini merupakan ciri-ciri kalau baterai CMOS habis. Ciri-ciri tersebut adalah:

1. Pengaturan tanggal, bulan, dan tahun akan berubah menjadi default
2. Begitu pula dengan pengaturan BIOS akan kembali ke default
3. Menyebabkan hang ditengah-tengah pengoperasian dan startup
4. Menyebabkan Komputer Black display
5. Kerusakan permanen pada mainboard jika baterai CMOS yang sudah rusak teta.

Demikian informasi mengenai jam komputer dan baterai CMOS, keduanya saling berkaitan sebagai penyimpan data BIOS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.